Geniee hadir adalah membuat jembatan antara blogger dengan Advertizer. Disinilah Geniee memonitize blog kita. Sederhananya Geniee menjembatani agar blog kita mendapatkan uang dari iklan yang ditayangkan di blog.
Sebagai
Blogger, menimba terus ilmu baru dan bergabung disebuah komunitas seperti
adalah sebuah keharusan. Mengapa? Dengan bergabung disebuuh komunitas, update
mengenai sesuatu yang baru akan selalu ada, baik itu kegiatan ataupun kerjaan
hingga ke berbagi informasi-informasi alakadarnya hingga ke temu kangenan
(blogger juga manusia kali). Menimba terus ilmu itu juga penting, baik ilmu
baru atau meng-update ilmu yang lawas yang sudah kita miliki (sekedar
merefresh).
Tidak jauh
berbeda ketika Sabtu kemarin, 17 Nopember 2018, Viva mengundang puluhan blogger
hadir dalam acara mereka, secara untuk ikutan acaranya Viva ini ga mudah loh
mereka selalu menyeleksi ketat setiap peserta yang akan mereka ijinkan ikut
dalam acaranya. Beruntung kali ini saya lolos seleksi mereka.
Warung Kopi di DLab Jalan Riau |
Acaranya
sendiri diadakan di Cocowork D.Labs yang terletak di Jalan Riau No 1, kalau
kalian masuk dari arah Sarinah, sebelum Hongkong Café ada jalan ke dalam,
kira-kira 500 Meter ada D.Lab sebelah kiri jalan. Memang gedung yang didesain
sebagai perkantoran kekinian ini lantai 2 didesain khusus untuk dapat menampung
sampai 100 orang didalamnya.
Acara akan dimulai tepat pukul 09.00, tapi yah, namanya Jakarta meskipun
Sabtu ditambah beberapa blogger masih belum paham lokasi, jadi jam segitu belum
ada seetengah yang hadir. Tepat pukul 9.30 panitia memulai membuka acara.
Temanya
keseluruhan acara Viva hari ini adalah “Commercial Blog Writing And How To Monetize It” hmmm terdengar keren
kan. Dan memang keren sepanjang acara berlangsung kemarin.
Berikut
catatan-catatan kecil yang berhasil saya rangkum.
Untuk pembukaan
CEO Geniee, Yulius Agus Prasetya Yanto menegaskan bahwa Blogger itu sudah
termasuk dalam kategori Invidual Publisher. Mengapa demikian, karena menurutnya
Blogger itu yang kegiatannya sehari-hari menghasilkan tulisan, sudah sepatutnya
tulisan yang dihasilkan bermanfaat baik itu untuk dirinya sendiri dan kalau
bisa bermanfaat untuk orang-orang yang membacanya.
Dokpri, Tim dari Geniee |
Pak Yulius juga
menyambung, bahwa tulisan di blog selain bermanfaat untuk pembacanya juga dapat
di monetize (menghasilkan duit). Caranya? Disinilah Geniee hadir, salah satu
perusahaan startup yang berasal dari jepang dan sudah berkembang dari tahun
2015. Geniee adalah sebuah teknologi platform untuk advertising, dimana Viva
sendiri tergabung sebagai publisher didalamnya.
Geniee sudah
hadir tidak hanya di Indonesia, tapi sudah merambah ke Vietnam dan Thailand (hmmm
hampir sama dengan Go Jeknya Indonesia yang sudah merambah ke negara tetangga
ya).
Salah satu
fungsi Geniee hadir adalah membuat jembatan antara blogger dengan Advertizer.
Disinilah Geniee memonitize blog kita. Sederhananya
Geniee menjembatani agar blog kita mendapatkan uang dari iklan yang ditayangkan
di blog, Geniee sendiri sudah banyak bekerja sama dengan agen-agen yang hendak
mencari media untuk mengiklankan produk-produk mereka.
Cara kerja
Geniee serupa dengan Adsense nya Google hanya saja jaringannya yang berbeda
dengan metode kerja sendiri. Bahkan beberapa media besar di dunia yang sudah
memiliki iklan rutin bekerjasama dan masuk kedalam jaringan Geniee, sementara
blogger sendiri adalah salah satu jaringan dari Geniee. Tapi nanti untuk detil
teknisnya akan diterangkan lebih lanjut, sementara acara akan berlanjut dengan
Tip Commercial Blog Writing.
Commercial Blog
Writing, Maya Sophia, Viva Editor
Sepertinya
pelajaran menulis adalah pelajaran yang tidak akan pernah habis dibahas,
meskipun sudah pernah dibahas, akan selalu menarik untuk dibahas kembali. Kali
ini yang mengulasnya adalah Mba Maya Sophia, Viva Editor.
Tanpa
berpanjang lebar, Mba Maya langsung membagi tips commercial blog yang ia
miliki, sebab sebagai seorang editor diawal kariernya sempat juga mengalami
kebuntuan ide dan bentuk tulisan yang lompat-lompat, berdasarkan pengalaman
yang sudah ia lalui Mba Maya mencoba menshare tips commercial blog.
· Rajin Baca buku. Dengan rajin dan rutin membaca
buku, setidaknya akan menambah kosakata yang kita miliki dan jadi semakin tahu
bagaimana membuat tulisan lebih mengalir.
· Original dan jujur, jangan lakukan plagiat dan
sudah seharusnya sebagai penulis kita meraih kepercayaan dari pembaca. Dengan
menulis jujur akan membuat pembaca semakin percaya kepada tulisan kita.
· Gunakan teknik 5 W + 1 H, ini sudah merupakan
rumusan jurnalistik dasar dan digunakan dalam investigasi polisi. Dengan 5 W +
1 H akan mendapatkan alur cerita yang seutuhnya. 5 W itu terdiri dari Who, When, Where, Why,
What dan 1 H itu How. Terkadang poin
When yang sering terlewat. Contoh sederhananyan Mba bercerita seorang
travel blogger berbagi pengalaman melalui tulisannya tanpa menyertai tanggal
kunjungaan, ketika orang lain berkunjung ke tempat yang sama, kecewa karena
sudah pindah lokasi atau sudah tutup.
· Gunakan Panca Indera, untuk membuat sebuah
tulisan yang menarik maksimalkan panca indra yang dimiliki. Semakin banyak
panca indera yang digunakan akan membuat tulisan semakin berwarna.
· Perhatikan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dengan
memperhatikan EYD dalam tulisan kita akan membuat blog semakin professional
(kecuali memang ada beberapa blogger yang sudah identik dengan bahasa
sehari-hari disampaikan, seperti elooo, guwe dll). Kalau mau tahu tentang EYD
kita dapat memeriksanya di kbbi.kemendikbud,go.id. siapa yang tau mana yang
benar antara penulisan Sekedar atau Sekadar, nah dari KBBI baru ketahuan yang
benar itu adalah Sekadar.
· Perhatikan Copyright, sebagai seorang penulis
ataupun content creator sudah sepatutnya
kita menghargai hasil karya orang lain, jangan asal comot karya orang lain (ini
yang kadang-kadang saya masih suka terlupa). Untuk gambar ada baiknya
menggunakan penyedia jasa foto gratis seperti pixels ataupun pixabay.
· Perhatikan sisi Commercial. Saya menyebutnya
sisi yang memanusiakan pembaca kita, Mba Maya mengingatkan beberapa hal
diantaranya adalah :
a. Selalu sapa pembaca atau pengunjung blog kita
(kalau bahasa NET, helooo good people)
b.
Buat judul yang menarik
c.
Sediakan informasi yang dibutuhkan pembaca.
d.
Sebaiknya hindari dan jauhi membuat tulisan yang
mengandung unsur SARA.
e. Jangan membanding-bandingkan antara yang satu
dengan yang lainnya (menjaga netralitas adalah penting untuk seorang penullis).
Mba Maya berinteraksi dengan salah satu blogger |
Seru kan,
bahkan ditengah acaranya Mba Maya mensisipkan interaksi langsung dengan blogger
yang hadir, ia memberikan secangkir kopi dan meminta blogger tersebut untuk
menuangkannya dalam bentuk kata-kata menggunakan panca indera yang ia rasakan,
dan hasilnya, “secangkir kopi pahit yang tersaji akan terasa manis ketika
ditemani Mba Maya sambil berdiskusi” halllah, terkesan lebay ga sih J
SEO Writing dan
Conten Distributor
Selesai dengan Commercial Blog Tip, blogger dikenalkan dengan SEO Writing dan Conten
Distributor. Kali ini yang ambil peranan adalah pihak Geniee yaitu Febri
Fristian, Media Consultant Geniee.
SEO itu Search
Engine Optimization, yang membuat tulisan kita berada dalam “radar” nya google
ya SEO ini. SEO sendiri harus mengikuti trend yang sedang berlangsung dan ada
algoritma goolge didalamnya. Jadi
tulisan kita sebaiknya agar terbaca sama si google minimal harus ikut dengan
trend yang sedang berlangsung, sementara untuk algoritma (karena bagian teknis)
tidak perlu diutak atik dahulu karena akan berubah setiap 6 bulan.
Sementara untuk SEO
Content sarannya dari Mas Febri adalah setidaknya buat tulisan 1000-1200 kata
yang ditujukan untuk SEO itu sendiri (Baca, trend yang sedang berlangsung).
Kalau untuk tulisan review agak berbeda lagi, setidaknya diperluakan 2000-2500
kata agar terbaca sebagai review oleh SEO. SO, berat kan menjadi penullis yang
ramah di ranah SEO, sejatinya seperti yang diminta akan lebih mudah terindeks
sama google.
Mas Febri juga
mengingatkan untuk memastikan konten yang kita hasilkan sesuai kategori. Penentuan
Key words dan Long Tail Keywords menjadi sebuah unsure yang perlu diperhatikan
sebelum membuat content. Karena dengan Conten yang Unik adalah Good For SEO.
Agar ramah SEO
sebaiknya gunakan Shirter URL’s, semakin pendek sebuah URL’s maka semakin
tinggi kesempatan mendapatkan tempat di page 1 Google. Sekedar URL’s tidak sama dengan judul
ya.
Kesempatan lain
untuk membuat conten kita SEO adalah menggunakan google trend dengan google trend kita dapat mengetahui
keywords apa saja yang sedang trend dibicarakan.
Terakhir kita
sebagai Blogger juga diharapkan sering-sering blogwalking ke blog yang
memilliki DA/PA tinggi selain agar DA/PA ketularan tinggi juga terindeks ke
google. Memang ada juga tools menaikkan DA/PA berbayar sich, kalau sanggup ya
boleh-boleh saja ikutan.
Terakhir ditutup
oleh Mas Yudha Satriya, dari Geniee juga, beliau banyak menjelaskan banyak
mengenai teknis kerjasama bareng Geniee.
Serukan, hampir 2
jam penuh, 09.30 sampai 11.30 dapat ilmu mengenai mengasah tulisan dan membuat
konten yang ramah SEO plus dapat tawaran kerja bareng Geniee. Itu belum
termasuk makan siang bareng ya, lepas acara.
Anyway, terimakasih
Tim Viva atas kebaikannya yang sudah mengijinkan saya bergabung untuk terus
mengupdate diri dan informasi serta keilmuan.
Terimakasih semoga
nanti diajak lagi mengupdate diri dengan ilmu-ilmu baru lainnya.
Ada ilmu lagi yang saya dapatkan dari membaca artikel ini, tentang netralitas, ternyata setelah dicerna ini merupakan bagian yang rawan bagi seorang penulis
BalasHapusInfonya penting sebagai penulis untuk menuliskan hal yang ia tahu dan benar-benar tahu plus tetap netral tanpa membandingkan sesuatu juga baik adanya :)
Hapus