Test Drive Splash |
Suzuki bukanlah pelaku baru dalam
dunia otomotif. Puluhan tahun Suzuki sudah berkiprah dalam dunia otomotif.
Kendaraan roda 2 dan roda 4 di geluti secara serius. Pangsa pasar Suzuki sudah
merambah hampir ke seluruh pelosok Nusantara, mulai dari anak muda belia hingga
ke orang tua. Dari eksekutif muda hingga ke ibu rumah tangga. Hampir semua
lapisan “familiar” dengan
produk-produk Suzuki.
Bahkan demi memperkenalkan produk
barunya Suzuki rela mengadakan test drive berhadiahkan mobil Suzuki.
Beruntung kali ini saya mencoba
langsung langsung ke-2 jenis kendaraan Suzuki, yaitu Suzuki Splash dan Suzuki
Karimun Wagon. Berikut ringkasan yang
berhasil saya susun.
Audio Splash |
Splash kendaraan yang irit dan dinamis.
Kendaraan roda 4 berpenggerak
mesin depan ini, konon kabarnya sedang me-rajai pasaran Eropa. Modelnya yang
sedikit unik, “patah pinggang” demikian sebagian menyebutnya dikarenakan bagian
belakangnya yang memang menjorok kedalam bukan keluar.
Splash yang dibanderol dengan
harga Rp. 169,500,000.- untuk Matic dan Rp. 157,000,000,- untuk versi manualnya
sudah banyak beredar di jalanan Jakarta. Mesin yang diusungnya berpenggerak
depan dengan kapasitas mesin 1200cc. Mampu membuat splash bergerak lincah dan
dinamis.
Untuk serapan bahan bakar, versi
manual mampu menempuh kisaran 18 Km untuk 1 liternya sementara matic agak
sedikit boros dalam konsumsi bahan bakar. Splash masih mau untuk dipacu dan
stabil di kecepatan 120 km/jam, bahkan lebih. Tetapi untuk nyamannya tetap
dibawah 100 Km/jam sesuai anjuran pemerintah.
Uji coba Test Drive kali ini
menempuh jalur Jatiasih-Tg. Priok dan kembali ke Jati asih. Dalam Kondisi jalan
tol yang lengang hanya butuh kisaran 30 menit, itupun dengan kecepatan stabil
rata-rata 80 km/Jam meskipun beberapa saat tembus juga di kecepatan 120 km/jam
tanpa disadari. Bodi Splash yang mungil sekelas sedan mampu membuatnya bergerak
cepat tanpa kita sadari. Mobil tetap tenang meskipun di kecepatan tinggi dan
terlihat masih stabil untuk dikendarai.
Didukung dengan asksesoris
interior yang lumayan “gaul” sepertinya Splash menyasar kalangan anak muda dan
para wanita.
Spedo meter Splash |
Splash hanya ada 1 tipe saja
yaitu GL, dengan 6 pilihan warna, mulai Metallic
silky silver, superior white, Brezze Metalic, Midnight Pearlblack, Mystique Red
dan Metallic Bakers Chocolate. Kendaraan sudah dilengkapi dengan power
steering yang nyaman, electric power
window. Untuk keamanan berkendaraan Splash sudah didukung dengan rem disc dibagian
depan dan tromol untuk bagian belakangnya. Sementara itu disisi suspensinya
sudah dilengkapi dengan per ulir yang membuat nyaman dalam berkendaraan.
Karimun wagon yang bersahabat
Promo Karimun Wagon |
Sementara itu di kelas LCGC (Low
Cost Green Car) kendaraan yang terjangkau dan ramah dengan lingkungan. Suzuki mengeluarkan produk jagoannya yaitu
KARIMUN. Berbeda dengan Splash, Wagon
dilepas dengan berbagai Varian dan harga, mulai dari Wagon R-GA dikisaran Rp.
92.000.000,- Wagon R –GL Rp. 105.000.000,- dan yang maksimal Wagon R
tipe GS yang dibanderol Rp. 113.500.000,-
Yang membedakan dari semua produk
ini adalah “perlengkapan” yang dikenakan, seperti velg untuk ban hingga
audio yang dipasangkan didalamnya. Semakin mahal semakin lengkap pula ”perlengkapan”nya. Bahkan, baru saja Karimun Wagon meluncurkan produk
barunya yang mengusung AGS (Auto Gear Shift).
Pastinya kalian bertanya, apa itu AGS? AGS itu teknologi terbarunya dari Suzuki.
AGS, perpaduan antara Matic dan Manual. Tapi menurut hemat saya tetap saja
masuk dalam kategori matic, karena tidak ditemukan adanya pedal untuk kopling.
Biasanya dalam kendaraan Matic dikenal
istillah D-3, R (rear) dan P untuk Parking.
Dan untuk Matic-nya Wagon ada tambahan manual, tuas + untuk menambah
perseneling 1, tuas – untuk mengurangi
dan berlaku hanya perseneling 1-2 saja sebab untuk percepatan lanjutannya Karimun
Wagon dengan mesin pintarnya akan bekerja
secara otomatis.
Sales executive Joko N |
Untuk konsumsi bahan bakarnya,
kelas Suzuki memang di kenal dengan iritnya. Bahkan para teknisi
merekomendasikan wagon bagi yang mencari kendaraan dengan kualifikasi
irit bahan bakar. Hanya saja dengan mesin 3 silinder yang diusungnya membuat
Karimun sedikit “kurang greget” untuk
urusan tenaga. Berbeda dengan Karimun edisi pertama yang mengusung 4 Silinder.
Meskipun sama-sama bertenaga 1000 cc.
Nah, saat ini Suzuki memberikan
semacam rewards untuk para konsumennya. Hanya dengan melakukan test drive kamu
akan diikutsertakan dalam undian yang berhadiah Karimun GS.
Kalau saya beruntung sudah
menjajal kedua kendaraan di Suzuki Pusaka Motor Kalibata, Joko Nugroho nama
Sales Excutive yang membantu. Ia siap dihubungi kapanpun di No 0856 8740
806. Pak Joko akan dengan sukacita membagikan semua pengetahuannya seputar
kendaraan Suzuki. Mau uji coba kendaraan pun ditemani beliau. Prosedur
yang Pak Joko tawarkan sederhana dan tidak berbelit-belit. Mau test drive
dikantor atau di rumah pun siap ia layani.
Jadi kapanpun kalian mau test
drive Suzuki, sudah tahu harus menghubungi siapa kan… dan kapan lagi test drive
berhadiah Karimun…:)
suzuki memang hebat,
BalasHapusinovasinya dari masa ke masa nggak pernah habis~
Betul mas i Jeverson... :) sepertinya inovasi salah satu kunci Suzuki untuk dapat bertahan hingga saat ini :)
HapusKeluarga saya termasuk pengguna Karimun Wagon yang Dilago. Di Bandar Lampung sini ada test drive berhadiah juga nggak ya? He he...
BalasHapusSepertinya tidak ada ketentuan ini hanya berlaku di Jakarta... seharusnya ada Ibu Heni.. :)
HapusKapan ya saya bisa punya produk Suzuki roda empat? Hehehhe
BalasHapusSaya doakan sebentar lagi ibu nunik punya.. kalau sudah punya kabarin ya... :)
HapusSemoga bisa ke beli nih mobil kalau udah kerja :D
BalasHapusamin... saya doakan supaya terkabul pak Gedha Rizka :)
HapusIni karimun yang model baru kan. Mobil buatan Suzuki bagus juga, kebetulan pernah bawa mobil teman cuma yang Ertiga. Kalau Karimun tahun 2009 naik di mobil punya Om, mobilnya hemat dan ringan saat di bawa.
BalasHapusBetul pak Timur, Suzuki memang memiliki produk yang berkualitas. Dengan layanan after sales service yang tersedia di kota-kota besar. Irit dalam konsumsi bahan bakar juga merupakan jargon yang diusung suzuki.
Hapus