Promo IndiHome |
"Meskipun jaringan kuat tetapi layanan tidak bersahabat."
Indihome selaku
salah satu penyedia layanan Internet berbasis Kabel Optik Fiber sudah bukan
pemain baru di industri ini. Saya sendiri baru berlangganan tepat masuk bulan
ke 3 Januari 2016. Berawal dari rekomendasi beberapa teman yang menyatakan
selain internetnya lumayan kencang, ditambah layanan TV berlangganan dan
jaringan telp.
Semuanya dalam 1
paket layanan, mereka membungkusnya dengan Paket Triple Play. Dan memang harus
saya akui, Internet dari IndiHome (terutama didaerah saya tinggal) sinyal
lumayan kuat dan cepat. Sehingga sangat
membantu ketika berselancar di duni maya. Ditambah lagi selama masa promosi 3
bulan, banyak saluran TV berbayar yang dibuka gratis bagi pemasang baru.
Lepas satu bulan
pemakaian tidak ada masalah, terlebih petugas yang melakukan pemasangan
beberapa kali memantau, apakah ada kerusakan atau gangguan.
Masuk bulan ke 2
pemakaian, sinyal TV terutama mulai mengalami gangguan. Gangguan yang kerap
kali hadir adalah siaran TV sering “frezze” atau diam sendiri. Jika sudah
terjadi seperti ini, maka jaringan TV harus dimatikan sebentar dan dihidupkan
kembali beberapa saat. Tapi jaringan internet tidak memiliki masalah sekali.
Masuk bulan ke
3, jaringan TV semakin sering mengalami
“Frezze” hingga tepat tanggal 5 Januari 2016, baik jaringan TV dan Internet
sama sekali tidak dapat digunakan. Untuk Telp Indihome sendiri saya tidak
mengetahui apakah mengalami ganggaun juga atau tidak, karena saya tidak
menggunakannya sama sekali.
Keluhan yang diterima no sama tanggal beda |
Yang saya lakukan
saat itu ketika mengetahui semua jaringan bermasalah adalah melakukan
komunikasi dengan Call Center Indihome di 147. Diterima dengan baik
sekaligus memang di ketahui jaringan internet di rumah mengalami gangguan
(bodohnya saya adalah tidak memperhatikan nama operator yang menerima keluhan).
Beberapa hari
berjalan, tidak ada tanda-tanda adanya teknisi yang menghubungi untuk melakukan
perbaikan. Hingga saya putuskan untuk melakukan complain via media sosial, saya coba
colek via twitter dan mendapat tanggapan dengan nomor keluhan yang sama. Bedanya pada tanggal 8 Januari
2016 kembali saya mendapat SMS untuk keluhan saya,
Siang tanggal 8
Januari, telp saya berdering. Rupanya salah satu teknisi sudah berada di depan
rumah, sementara saya tidak ada dirumah. Keren sich, sehari complain via medsos
langsung di respon, jadi quick response gitu.
Keren sich, tapi merasa seperti dikerjai. |
Tapi sayang juga
kan kalau itu teknisi asal datang aja tanpa konfirmasi telp dahulu. Apakah
iya semua pelanggan IndiHome pasti
semuanya berada dirumah. Yang ada si teknisi
meninggalkan pesan bahwa ia sudah datang tapi si pemilik rumah tidak berada di
tempat sekaligus meninggalkan no telp yang dapat dihubungi.
Yang bikin
semakin kesal adalah ketika saya hubungi si teknisi dan menjadwalkan waktu
untuk melakukan perbaikan, disepakati hari sabtu keesokan hari. Yang ada
teknisinya membatalkan sepihak dengan alasan ada tugas lain dari atasannya.
Lah bukankah sebelumnya sudah sepakat untuk melakukan perbaikan di hari sabtu.
Dan dia menjanjikan agar re-schedule di hari senin atau hari lainnya.
Sementara kalau hari
biasa memang tidak ada yang menunggu di rumah. Lalu apakah tidak ada cara lain?
Saya mencoba menghubungi teknisi yang diawal memasang jaringan IndiHome.
Karena pengalaman ketika pemasangan di
awal memang saya minta malam hari dan ia setuju.
Dan janjinya ke
2 teknisi akan datang malam ini, yah semoga jaringan IndiHome saya kembali
seperti sedia kala.
Kesimpulan.
Jaringan kuat
IndiHome tidak didukung dengan pelayanan pendukung yang memadai setidaknya
membuat saya kecewa. Belum genap 3 bulan sudah terdapat masalah. Ditambah
penanganannya pun terbilang tidak sigap, hanya seadanya.
Sementara saya
ingat betul ketika saya terlupa untuk melakukan pembayaran sebelum tanggal 20
setiap bulannya, maka tanggal 21 siaran dan Inet akan lenyap dan akan kembali
normal ketika dilakukan pembayaran. Berbeda dengan provider TV sebelumnya di
mana saya dapat berlangganan satu tahun tanpa di ribeti pembayaran berulang
tiap bulannya.
Lalu ketika IndiHome saya bermasalah tidak ada dari Manajemen Indi juga yang memastikan apakah
layanan mereka sudah kembali berjalan normal atau belum. Mungkin mereka
berfikir selama saya tidak complain lagi artinya layanan sudah kembali normal. Padahal siapa yang tahu
kan?
Hmmm,,,
sepertinya saya ragu untuk merekomendasikan IndiHome ke kerabat dan teman
lainnya. Meskipun jaringan kuat tetapi layanan tidak bersahabat. Lalu
bagaimana suatu saat jaringan tidak kuat dan layanan juga masih tetap tidak
bersahabat?
Semoga ini
menjadi catatan kecil kepada pihak IndiHome agar terus melakukan perbaikan dan
berbenah diri demi meningkatkan kualitas layanan terhadap konsumen.
Wah untung aku ga jadi pake indihome. Mahal banget abisnya. Semoga dengan begini ada perubahan dari pelayanan indihome
BalasHapusMemang sedikit lebih mahal, tetapi kalau sejalan dengan kualitas sepertinya terbayar saetidaknya.. yg kecewa ketika sudah bayar mahal.. malah pelayanannya nol..bukan begitu mba windah S
HapusDi Bandung mah tiap hari ada komplen Indihome di surat pembaca, saya juga lagi hunting nih provider internet rumahan ala Indihome. pengen pasang indihome tapi kok...duh gimana ya
BalasHapusIya mas.. baiknya pikir2 beberapa kali dulu ,, cari bahan pertimbangan lainnya
Hapussaya pake firstmedia, dulu lancar sekarang kalo musim ujan inet nya pasti on off :(
BalasHapuswaduh.. padahal baru mau melirik itu firs media.. tapi ada yang kecewa juga.. tapi kalau ngga musim hujan inetnya ngga bermasalah kan mba Kania
Hapusuntung belom sempet make hehe
BalasHapusngga pa pa pasang aja mba Gisa... cuman kita dituntut untuk lebih kritis dan sedikit cerewt ke Indihome ..
Hapus