lagi mengusut dimana terjadi kerusakan |
Ada 2 orang teknisi yang datang,
Pak Agus dan rekan begitu saya menyebutnya. Beliau-beliau ini langsung bertanya
megenai keluhan yang terjadi dan langsung melakukan pemeriksaan.
Setidaknya sudah hampir 1 minggu keluhan saya hanya diterima oleh 147 ataupun @Telkomcare. Terputus koneksi internet, tidak dapat menikmati
siaran TV sementara tagihan terus berjalan, rasanya sedikit menjengkelkan.
Semua pihak yang saya hubungi
menjanjikan sedang dalam proses dilayani
dan akan ditindaklanjuti secepatnya. Jumat kemarin tepatnya tanggal 15
Januari 2015 pihak Indihome menghubungi, kalau tidak salah namanya ibu Heli/ Eli.
Beliau menanyakan perkembangan IndiHome, apakah sudah ada perbaikan?
Lucu sebenarnya bagi saya? Ini malah pihak Indihome yang bertanya
bagaimana ke saya, apakah sudah ada perbaikan. Sementara ia sendiri tidak tahu
siapa personel yang turun untuk menangani keluhannya. Nah mungkin berawal dari
rasa tidak enak dan sudah lebih dari seminggu. Ibu Heli/Leli ini berjanji akan
memantau terus perkembangannya.
Lepas tadi ibu Heli/leli telp, sang teknisi yang
beberapa waktu lalu menjanjikan kerumah tapi tidak jadi, kembali menghubungi
saya dan membuat janji ulang. Akhirnya sepakat untuk melakukan perbaikan
di Hari Sabtu 16 Januari 2015. Ini juga masih terjadi sedikit kesalahpahaman,
janji ketemu diatas jam 12 itu teknisi sudah standby di depan rumah jam 11
siang. Padahal sebelumnya kami janjian jam 7 malam ia datang jam 9 malam.
saatnya beralih ke fiber optik |
Tapi
ya sudahlah, untuk apa di perpanjang toch sudah ketemu dan niatnya datang untuk
memperbaiki jaringan IndiHome rumah. Dan memang sebelum teknisinya datang, kembali
ibu Heli/Leli menghubungi untuk memastikan teknisi sudah sampai rumah saya
atau belum.
Ada 2 orang teknisi yang datang,
Pak Agus dan rekan begitu saya menyebutnya. Beliau-beliau ini langsung bertanya
megenai keluhan yang terjadi dan langsung melakukan pemeriksaan.
“Hmmm, biasanya kalau lampu merahnya
“nyala” seperti ini kemungkinan yang muncul ada kabel putus, terjepit ataupun
remuk, rekan pak agus memberikan dugaan.” Mereka berdua menyisir setiap kabel mulai
dari TV hingga ke atas genteng rumah sampai ke stasiun Box di tiang listrik
depan rumah.
Singkat cerita, ditemukan adanya
kabel remuk diatas genteng. Kenapa bisa remuk ya? Dugaan mereka karena sisa
kabel kemarin terlalu banyak dan ditumpuk diatas. Lalu ketika teknisi awal
meninggalkan begitu saja lalu ada semacam tarikan atau pergesaran dari sisa
kabel yang menyebabkan isi dari kabel fiber optiknya pecah.
alat penyambung kabel Fiber Optik |
Dan untuk menyambungnya bukan sebuah pekerjaan
mudah, diperlukan alat khusus dan sedikit keahlian khusus. Mengingat kabel
Optiknya yang sangat tajam, kalau tidak hati-hati dapat melukai tangan (serupa
dengan benang gelasan kalau kita dulu main layangan).
Hanya butuh waktu satu jam dari
menemukan masalah kabel yang remuk dan melakukan penyambungan dan “bingo” semua
masalah selesai sudah.
proses penyambungan kabel |
Sedikit cerita-cerita dengan Pak
Agus dan rekannya, selesai melakukan ini mau kemana lagi? Setidaknya masih ada
3-4 rumah yang harus mereka kunjungi. Itupun kalau semua masalahnya langsug
ketemu seperti di rumah saya.
Yang sulit adalah ketika belum
menemukan sumber masalah yang jelas dan harus memeriksa satu persatu. Biasanya
perhari mereka ditergetkan untuk menyelesaikan 5-7 rumah dan biasanya sukses
hanya 3-4 rumah. Bahkan pernah 1 hari hanya 1 rumah.
Dan saya masih ingat betul ketika
menghubungi 147 agar tidak memberikan uang tips kepada petugas lapangan. Dan
memang Pak Agus dan Rekannya ini tidak meminta atau nyindir-nyindir agar diberikan
uang tips kok. Tapi melihat usaha mereka naik-naik ke atas genteng lanjut ke
tiang listrik dan melakukan penyambungan kabel optic luar biasa total dech.
Kesimpulan
Layanan IndiHome untuk rumah
terutama untuk Jaringan Inet dan TV dapat dikatakan bagus/lumayan. Hanya saja
yang kurang kesiapan Indi home dalam menangani masalah yang muncul. Seolah-olah
mereka hanya melempar bola ke bagian teknisi tanpa pernah crosscheck apakah
sudah dilakukan perbaikan atau tidak.
Dan yang paling menjengkelkan
adalah ketika tidak adanya kepastian kapan akan dilakukan perbaikan ditambah
tidak ada kompensasi bagi pelangga ketika tidak dapat menikmati layanan dari
Indihome. Bayangin kalau pelanggan lewat bayar lepas tanggal 20 setiap
bulannya, langsung mati aja semua layanan Indi Home. Tapi jika Indihome yang
salah sebagai pelanggan saya tidak mendapat apa-apa?
Mohon untuk diperhatikan agar
lebih baik lagi nanti kedepannya.
dan sudah normal kembali |
TV pun sudah kembali normal |
kalau sudah selesai, kita juga harus lapor .. dan saya lakukan |
Ngopi gk teknisinya min? Enaknya dikasih apa yah supaya nyaman.
BalasHapusKami kemarin kasih kopi sama snack ringan biar enak ngobrol nya
HapusMasalahnya pak kornelis sama kyk saya, lampu loss indihome kedip, saya tidak bisa menikmati layanan tv dan internetnya, dan udah mau seminggu ini blom di perbaiki, udah tlp 147 dan ke 08001835566 tapi sampai skarang blom ada yg datang perbaiki, bikin jengkel saja
BalasHapusHarus kita yg rajin telp mereka berulang ulang agar segera datang... ini yg membuat saya jengkel juga sebenarnya
HapusBayar ga min ke teknisinya
BalasHapusGa bayar.. sediain aja kopi sama teh nya aja
HapusKalo sy kasih aja 50 rb, anggap aja sodakoh
BalasHapusYa kalau yang mau demikian juga boleh ga salah...tapi mereka ga minta loh ya . . Karena kalau minta malah jadi salah nantinya
Hapus