Rapat Persiapan Reformasi Birokrasi, Tengah berbaju kuning Ibu Sesdirjen Badimiltun Jenny Hutauruk |
Dari yang seharusnya rapat dimulai tepat pukul 08.00 WIB, Ibu Sekretaris Dirjen Badimiltun Jenny Hutauruk sudah hadir di kantor Pengadilan Tinggi Tata usaha Negara setengah jam lebih awal.
Tepat jam 08.00 rapat langsung di
gelar, tanpa acara seremonial yang berkepanjangan, ibu Sekretaris Dirjen
langsung memberikan penjelasan dengan CEPAT, SIGAP, TEPAT SASARAN sesuai
capaian Reformasi Birokrasi.
Ia menuturkan bahwa nilai yang
sudah kita raih saat ini adalah 88,04 %. Lalu apa kita pantas untuk berpuas
diri. “TIDAK”, tegas ia menjawab pertanyaannya sendiri. Kita harus meningkatkan
lagi, mendekati angka kesempurnaan.
Dalam hal ini raihan yang harus
kita capai adalah LAYANAN PUBLIK YANG BAIK. Seperti apa layanan Publik yang
baik itu.
Beberapa syarat yang harus dipenuhi
adalah :
- 1. Setiap lapisan masyarakat pencari keadilan harus tahu prosedur apa saja yang harus ditempuh.
- 2. Harus tahu juga mengenai informasi jangka waktu yang dibutuhkan.
- 3. Transparan mengenai biaya yang dikeluarkan.
Tanya Jawab rapat RB |
Semua hal diatas Sekretaris rangkum dan akronimkan menjadi satu kata
yaitu TARIF
- 1. Transparan, artinya semua harus terbuka tidak ada yang ditutup-tutupi.
- 2. Akuntanbel, dalam hal setiap kinerja yang kita lakukan harus terukur dapat dipertanggung jawabkan dan sesuai perencanaan.
- 3 . Responsible, wajib dituntut bertanggung jawab atas apa yang sudah kita peroleh dan kembali terhadap layanan yang sudah kita berikan kepada masyarakat.
- 4. Independen, dituntut untuk tidak memihak kepada siapapun juga.
- 5. Fairness, lebih kepada rasa keadilan dan kewajaran dari para pengguna jasa peradilan.
Jika semua hal diatas sudah
dilakukan dengan sempurna, paastinya nilai yang akan kita peroleh akan
mengalami kenaikan. Tentunya kenaikan kinerja akan memberikan dampak yang lebih
baik. Mulai dari penilain kinerja, layanan yang berkualitas, jenjang jabatan
yang terbuka hingga ke tingkat tunjangan kinerja yang dapat dipertanggungjawabkan.
Saat ini Mahkamah Agung sendiri sudah mencapai penilaian dari BPK WAJAR TANPA PENNGECUALIAN. Hal ini harus terus dipertahankan.
Saat ini Mahkamah Agung sendiri sudah mencapai penilaian dari BPK WAJAR TANPA PENNGECUALIAN. Hal ini harus terus dipertahankan.
Hampir 2 jam lebih Ibu
Sekretaris Dirjen memberikan penjelasan mengenai Reformasi Birokrasi. Ia sendiri
yang memiliki latar belakang 32 tahun dalam bidang Auditor di BPKP, sangat
mafhum bahwa masih ada penyakit di lingkungan PNS.
Staf pun di tanya oleh Ibu Jenny |
Beberapa ia sebutkan seperti Kurang
disiplin (KUDIS), hingga kebanyakan yang mau dilayani bukan melayani
masyarakat. Ditambah masih banyaknya para pimpinan yang tidak mau turun ke
bawah mengamati dan mengawasi kinerja organisasinya.
Terakhir ia menutup dengan pesan,
Kerja itu harus dengan Hati, Kerja dengan sepenuh hati, tetapi tetap hati-hati
agar hasilnya maksimal.
Disela-sela penjelasannya, ia
melemparkan pertanyaan kepada setiap pegawai yang mendengarkan, sejauh mana
informasi yang ia berikan sampai kepada pegawai. Tidak lupa juga ia
mendengarkan dan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan pegawai.
Semua bagian tak luput dari perhatian Ibu Jeny selaku Sesdirjen Badimiltun |
Sebagai mantan Auditor yang sudah
32 tahun melayani negara, ia paham benar tentang perilaku pegawai dan perilaku
organisasi. Harapannya adalah jika kita semua bekerja bersama dengan hati dan
sepenuh hati serta hati-hati maka ia sangat yakin hasilnya akan maksimal.
Terakhir ia memberikan semacam “rewards”
kepada pegawai yang sudah berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan dan pegawai
yang memberikan pertanyaan.