Situasi di Plasa Toyota Pemuda Rawamangun |
Yang sedikit membuat saya kaget
adalah Penggantian Aki, Sedikit luar biasa, karena baru kali ini saya alami.
Saya sudah lupa, ini kunjungan
saya yang ke berapa ke Plasa Toyota Jalan Pemuda Rawamangun. Tapi untuk
perawatan rutin, saya ingat betul kunjungan di KM 30.000 adalah yang ke 4. Pertama
di angka 5.000, 10.000, 20.000.
Kalau dihitung berdasarkan KM
praktis adalah kunjungan yang ke empat. Tapi seingat saya, lebih dari 4 kali
saya datang ke Plasa Toyota Jalan Pemuda, Rawamangun Jakarta Timur.
Awal 2 tahun lalu, ketika masuk di KM 5000 ada
masalah dengan pengereman bagian depan. Dan tanpa Ba-Bi-Bu langsung ganti
dengan pare part yang baru.
Pun dengan masalah bunyi kriut-kriut
bagian depan. Dan tanpa perlu berdebat sedikit pun langsung di lakukan
penggantian.
Semua penggantian Spare part diatas
tidak dikenakan biaya sepeser pun. Sepertinya tidak ada yang istimewa ya.
Sebab
barangnya rusak dan memang perlu penggantian dengan spare part baru. Begitu seterusnya hingga KM
30.000.
Ada apa di KM 30.000
Seperti perawatan berkala pada
umumnya yang diberlakukan bengkel Toyota. Membawa buku perawatan akan
membuat pemilik mendapat diskon jasa perawatan (tentunya berlaku bagi KM di
bawah 50.000 atau belum 2 tahun).
Ruang Tunggu di Plasa Toyota Pemuda Rawamangun |
Sebelum melakukan perawatan dan
pemeriksaan petugas bagian depan menawarkan perawatan rutin diluar servis
berkala. Selaku konsumen pilihan diberikan sebebas-bebasnya, apakah
mengambil servis tambahan diluar berkala, atau mengikuti servis berkala saja.
Kendaraan yang biasa saya
tunggangi ditawari untuk dilakukan Sporing dan Balancing, hingga Tune Up.
Hmm, melihat catatan sejarah
perawatan berkalanya. Oh iya, setiap perawatan berkala, berkas-berkas dari
bengkel sebisa mungkin jangan di buang. Berguna untuk melakukan croscheck di
kemudian hari. Apa saja yang sudah dilakukan dan yang belum dilakukan.
Sebab hal ini berhasil bagi saya
pribadi. Riwayat Spooring dan Balancing kendaraan saya sudah pernah dilakukan di
KM 10.000 ketika pengantian Spare Part cakram bagian depan.
Memang kalau mau sempurna, Sporing
dan Balancing di lakukan setiap 10.000 KM. Ok, saran petugasnya kalau memang
sudah dan tidak mau dilakukan spooring juga tidak masalah. Selama tidak ada keluhan dan masalah terhadap
performa kendaraan.
Untuk di Plasa Toyota Pemuda,
saya sampai hafal dengan beberapa petugas Front Linernya, sebut saja Mas
Gunawan, Mba Desi dan masih ada 2 lagi.
Tidak butuh waktu lama, selang 1
jam 30 menit perawatan berkala seperti ganti oli, tune up ringan selesai
dilakukan.
Teknisi yang memperbaiki Black
(sebutan buat kendaraan saya) menanyakan
apakah ada keluhan lain. Kalau ditanya keluhan masih ada. Tapi bagi saya
sendiri sulit memastikannya. Sebab masalahnya sama dengan beberapa waktu lalu. Bunyi
kriut-kriut di bagian depan sebelah kanan.
Sang Teknisi dibantu petugas
Front Liner memeriksa riwayat kendaraan, dan ditemukan beberapa bulan yang lalu
memang pernah diganti baring sebelah kiri dengan keluhan yang sama.
Ok, mereka (Plasa Toyota) meminta
waktu beberapa jam tambahan untuk melakukan Pemeriksaan dan penggantian pare part
jika diperlukan. Ya sudah karena waktu
perawatan di perpanjang, alhasil kendaraan saya tinggal.
Tepat pukul 15.00 Plasa Toyota
Pemuda Rawamangun mengirim pesan menyatakan kendaraan sudah selesai dan siap digunakan.
Untuk Bunyi belum terdengar dan
ditemukan sumbernya. Tapi merujuk pernyataan saya yang berasal dari Bearing (Klahar,
Bola-bola peluru) depan, alhasil barangnya yang diganti. Ok, saya berterima
kasih untuk itu.
Yang sedikit membuat saya kaget
adalah Penggantian Aki, Sedikit luar biasa, karena baru kali ini saya alami.
Alat yang digunakan untuk memeriksa Aki |
Mereka memeriksa keadaan Aki saya
dengan sebuah alat dan menemukan adanya penurunan performa dari AKI. Petugasnya
menyarankan agar diganti saja.
Menurut saya (pengalaman merawat angkot beberapa tahun lalu) kalau hanya cuma sedikit “ngayun” baru starter itu mah sudah biasa. Wajar untuk kendaraan yang sudah masuk usia 2 tahun. Memang perlu penggantian tapi tidak mendesak.
Tapi petugasnya menyarankan agar
dilakukan penggantian, karena menurut beliau, Aki masih dalam masa garansi dan menurut
indikator mesin periksa aki ada penurunan kualitasnya. Dari pada nanti
berpengaruh kepada kelistrikan kendaraan yang tak stabil dan “mumpung” masih
garansi, ganti saja.
Pembanding, sebelum diganti dan sesudah diganti, semuanya terukur di Plasa Toyota Pemuda |
Ini yang menurut saya jarang
terjadi, barang yang masih garansi dan kualitasnya sudah turun. Petugasnya
proaktif mengingatkan untuk diganti.
***
Pelayanan prima sangat penting
terutama untuk kendaraan yang pastinya tidak didapat dengan harga yang
terjangkau. Terkadang sebagai konsumen saya sering terlupa terhadap barang mana
yang masih garansi dan mana yang tidak. Dan ke alpaan saya di manfaatkan untuk sebagian
bengkel “nakal” untuk tidak menginformasikan barang mana yang masih ditanggung.
Bahkan meminta tagihan terhadap barang yang seharusnya masih ditanggung.
Menikmati pelayanan Toyota Plasa Pemuda |
Kalau sudah seperti ini (terlebih
ketika istri yang membawa ke bengkel) mendapatkan bengkel yang 100% saya
percaya sangat sulit.
Dan untuk Toyota, saya sudah
nyaman dengan Plasa Toyota Pemuda, yang terletak di Rawamangun Jakarta Timur
persis seberang IKIP.
Dan memang saya rekomendasikan
juga untuk merawat kendaraan kerabat dan kendaraan kantor. Terlebih saya bisa bertukar
pikiran dan diskusi dengan mekaniknya. Bagaimana merawat kendaraan yang baik
dan mengapa sebuah hal terjadi, dan masih banyak lagi.
Yang jengkel adalah ketika datang
ke sebuah bengkel, kendaraan di bawa masuk dan saya tidak dapat memantau dari
jauh apa yang sedang dilakukan.
Mengamati kendaraan dari Jauh |
Kalau di Plasa Toyota, saya dapat
mengamati dari jauh sambil menyruput kopi yang disuguhkkan bersama
panganan-panganan kecil lainnya.
Note.
Tulisan yang dibuat untuk
mencatat riwayat perawatan kendaraan.
Ini adalah murni pengalaman
pribadi bukan berdasarkan pesanan ataupun review ya :)
kalau sudah mendapat pelayanan paripurna seperti ini pasti menyenangkan dan membuat kita balik dan balik lagi dengan heppy dan puas ya
BalasHapuspastinya akan balik terus2an mas, dan merekomendasikan bengkel ini ke teman dan kerabat :)
HapusBiasanya neh kalau pelayanan ok, pelanggan akan terus setia ya bang
BalasHapusIya mba lis, pastinya akan setia dan ngga akan berpaling ke yang lain :)
HapusUrusan perbengkelan mesti teliti juga, ya Mas.
BalasHapusMana yang masih garansi, mana yang tidak ... bisa diakal2in bengekel ... waduh.
Bener mba mugniar, masih sedikit bengkel yg memberikan layanan profesional kepada pelanggannya. Plasa toyota salah satu yang menurut saya perduli sama pelanggannya.
Hapus