Citilink Pagi Parkir di Bandara |
Semoga kehati-hatian dalam lepas landas citilink tetap terjaga bukan karena hati-hati hanya pasca kejadian pilot mabok.
Pasca rame-rame insiden pilot mabok beberapa waktu lalu yang
setidaknya membuat mundur direktur Citilink. Tetap tidak membuat para
pecintamoda transportasi udara enggan untuk menggunakan Citilink.
Pastinya akan ada penurunan dari pengguna maskapaiini
meskipun jumlahnya tidak seberapa.
Tapi dari sepengamatan saya menggunakan citilink untuk
penerbangan Jakarta-Kualanamu. Untuk jam keberangkatan pukul 05.00 pagi hampir
sebagian besar terisi penuh.
Pasca Kejadian Pilot Mabok.
Saya sendiri tidak dapat membatalkan penerbangan dengan
maskapai ini. Selain harga yang ditawarkan relatif murah (mengesampingkan
kenyamanan ya tidak keselamatan).
Ya sudah, apapun yang terjadi nanti terima saja. Saya
sendiri sebenarnya yakin, pastinya setelah kejadian pilot mabok akan ada
perubahan yang diberikan maskapai.
Dan memang banar harus saya akui. Untuk penerbangan yang
berangkat dari Halim Perdana Kusumah, Kamis pagi hari, pilotnya handal atau memang sangat berhati-hati sekali. Memang
dalam memberikan informasi lebih jelas tapi tetap bahasa inggrisnya terkesan
buru-buru.
Yang berkesan itu ketika melakukan takeoff dan landing. Saya
baru ngeh setelah baca sebuaah novel. Bahwa titik kritis penerbangan itu ada di
11 menit lrpas landas. 3 menit ketika hendak takeiff dan 8 menit ketika hendak mendarat.
Hebatnya pilot maskapai ini, karena saya baru mengalaminya dengan citilink.
Untuk lepas landasnya terkesan smooth, biasanya ini didapat ketika menggunakan maskapai setingkat
diatasCitilink.
Anehnya beberapa
waktu lalu ketika menggunakan maskapai abangan daricitilink. Ke “smooth” an itu
kok hilang. Beberapa kali dinas luar tetap mengalami serupa. Ya sudah sekali
ini untuk keperluan pribadi diputuskan menggunakan citilink.
Semoga kehati-hatian dalam lepas landas citilink tetap
terjaga bukan karena hati-hati hanya pasca kejadian pilot mabok.
Ruangan tunggu di Bandara HP Jakarta |
***
Memang kinerja sopir pesawat (pilot) menjadi sorotan publik.
Kesan gagah dan menterengnya jabatan ini berkurang karena ulah oknum-oknum yang
tidak bertanggung jawab.
Dulu kalau melihat pilot jalan begitu gagah dengan seragam
putihnya diiringi pramugari-pramugari cantik.
Pasca maraknya tiket murah, penerbangan jadi hilang
ekslusifitasnya. Saat ini siapapun dapat terbang dengan biaya terjangkau.
Apalagi jika dipesan jauh-jauh hari.
Yang ada sekarang pelayanan terbaiknya makin dikurangi pasca
penurunan tiket yang jor-joran. Sebut saja delay yang sesuka hati maskapai tanpa ada
informasi dan kompensasi yang jelas.
Atau yang jelas pelayanan yang alakadarnya. Saya masih ingat
betul senyum manis pramugari menyapa sebelum harga tiket murah dan sesudahnya
(beda loh).
Hingga muncul ungkapan “Murah kok mau dapet bagus”. Ya sudah
kalau semua berangkat dari ungkapan tadi pembicaraan selesai. Benar sich ada
harga ada rupa. Tapi sekarang sudah terbalik-balik, ada harga tapi buruk rupa.
Atau siapa bilang murah itu murahan.
Setidaknya paradigma saya dengan citilink berubah. Pilotnya
lebih berhati-hati sehingga nenghasilkan lepas landas dan pendaratan yang
berkualitas tanpa adanya guncangan keras.
Dan sepertinya pilot seperti itu yang harus diperbanyak di
semua lini maskapai.
Sehingga dengan harga murah yang diberikan kenyaman atau
setidaknya keamanan dalam menggunakan moda transportasi udara tetap terjaga
kualitasnya.
Saya juga kalau bepergian lebih nyaman pakai Citilink, karena harganya terbilang terjangkau. Dan semoga kejadian kemaren itu gak terjadi lagi. Jujur aja saya sempet bingung mau pilih maskapai apalagi, lahyawong udah nyaman sama citilink.
BalasHapusIya semoga pelayanannya ke depan semakin lebih baik..
HapusDan jangan lupa pantun nya citilink selalu bikin senyum
BalasHapusHehehe... :)
HapusBelum pernah naik pesawat. :'D
BalasHapusSeru juga mba naik pesawat sesekali.. kalau keseringan.. tekor juga :)
HapusSemoga pelayanannya lebih baik untuk ke depannya.
BalasHapusJangan sampe ada kejadian kayak kemarin, kan serem jadinya kalo mau naik pesawat.
Iya..memang seram kalau kejadian pilot mabok terulang kembali... Tapi sepertinya citilink banyak belajar dan berubah pasca kejadian kemarin mas rudi :)
HapusAllhamdulillah aman-aman aja selama ini pakai ciitlink
BalasHapussemoga kedepannya semakin aman dan nyaman menggunakan citilink ya mba lidya :)
HapusDrama Jepang yg kita tonton mungkin sama mas, sy juga menghitung 11 menit itu kl naik pesawat, hihihihi.
BalasHapusHmmm.. ada juga drama jepang yang ngebahas 11 menit penerbangan.
HapusGak juga mas, dulu lebih murah lagi, bulan puasa 2012 pernah naik Citilink waktu itu livery nya merah maroon, Banjarmasin Surabaya PP 250 ribu.
BalasHapuswah.. beruntung kali abang ini dapat harga yang murah :)
Hapussaya juga pernah pesan city link waktu lg promo ke jogja cuma 55rb. cuma emang susah dapetin promonya..
BalasHapusWah.. beruntungnya dapat tiket promo murah
HapusThanks informasinya mas, besok aku pertama kali naik pesawat citylink, hehe.. Sebelum deg-degan baca review dulu. Semoga selamat sampai tujuan
BalasHapuskalau citilink sudah lumayan oke pelayanannya.. jam terbang pun on time :) santai aja ngga usah dibawa deg-degan... enjoy dan safe flight ya mba lia lathifa :)
HapusBesok mudik pake citilink, deg degan dede hehe
BalasHapusKalau pake citylink mah seharusnya ngga perlu deg2 an sich
Hapus