Busi (sumber Gambar dari webnya yamaha motor (dot) co id |
Busi menjadi salah satu faktor penting bagi kendaraan
motor yang kita miliki. Coba busi kendaraan kamu cabut dari tempatnya atau
sekedar renggangkan saja, alhasil selain mesin mati a.ka tidak dapat
dihidupkan. Kalaupun dapat dihidupkan mesin biasanya ada kendala biasa teknisi
awam menyebutnya “brebet” atau pincang atau nembak. Saat ini ada banyak jenis
busi yang beredar di pasaran dan Busi Iridium adalah salah satu busi yang berkualitas.
Mengenal Busi
Busi mengalirkan energi listrik yang dapat mengubah
bahan bakar menjadi energi penggerak mesin. Diperlukan tegangan listrik yang
cukup dari sistem pengapian untuk menjadikan percikan api pada celah elektroda
busi . Ini biasanya disebut "Kinerja listrik” .
Penting
untuk diingat bahwa busi tidak menciptakan panas , busi hanya
dapat melepas panas . Busi bekerja sebagai penghantar panas dengan
menarik energi panas yang tidak diinginkan jauh dari ruang pembakaran, dan
memindahkan panas ke sistem pendingin mesin.
Busi sendiri
diibaratkan sebagai "jendela" dalam mesin (satu-satunya “saksi mata”
di ruang bakar ), dan dapat digunakan sebagai alat diagnosa yang dapat
diandalkan. Seperti termometer untuk pasien, busi memperlihatkan gejala dan
kondisi kinerja mesin.
Mekanik
yang berpengalaman dapat menganalisa gejala-gejala tersebut untuk melacak akar
penyebab masalah mesin, menentukan rasio udara / bahan bakar , dan untuk
meningkatkan performa mesin.
Fungsi
utama busi sendiri terdiri dari untuk membakar campuran udara / bahan bakar dan
untuk melepas panas dari ruang
pembakaran
Busi Rusak dari web nya carmudi(dot) co.id |
Tips Memilih Busi
Sesudah mengenal baik busi pada kendaraan,
beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih busi untuk performa mesin
yang lebih baik yang terdiri dari
1. Ukuran busi
Pastikan
ukuran busi terutama diameter ulir, panjang ulir dan jangkauan insulator sesuai
dengan spesifikasi mesin. Karena jika tidak sesuai maka kemungkinan busi akan
longgar, overheat, terkena endapan karbon sehingga pengapian tidak
sempurna dan bahkan bisa merusak piston.
2. Angka panas busi
Pastikan
angka panas busi yang tepat dan sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan anda,
apabila angka panas busi yang dipakai
terlalu besar atau busi terlalu dingin, maka akan mengakibatkan pengendapan
karbon pada busi anda (carbon fouling).
Apabila
angka yang dipakai terlalu kecil atau busi terlalu panas, maka busi akan
mengalami overheat dan mengakibatkan misfire (gagal pengapian).
3. Keaslian busi
Bagaimana
memeriksa keaslian busi yang digunakan, adapun
cara membedakannya adalah sebagai berikut :
a.
Pada busi asli terdapat kode nomor produksi, sedangkan busi palsu tidak.
b. Pada busi asli, gasket (ring)
sangat sulit dilepas, sedangkan busi palsu gasket mudah lepas (longgar)
c. Pada busi asli, metal shell
lebih mengkilap karena diproses plating Cr3 sedangkan busi palsu warna metal
shell agak buram dan mudah berkarat
d. Pada busi asli, ulir terminal nut
lebih halus dan rapi daripada busi palsu (bagian ini terlihat jelas dengan mata
kok, saya sudah pernah menemukannya)
e. Konstruksi ujung elektroda, gap dan
penyambungan pada busi asli sangat rapi, pada busi palsu tidak rapi
Ilustrasi |
Manfaat dan Keungulan Busi Iridium
Dalam beberapa tahun terakhir ini NGK
(Salah satu produsen Busi) telah mengembangkan teknologi dengan memanfaatkan material logam mulia
(precious metal) sebagai elektroda yang diharapkan dapat memberikan
keunggulan-keunggulan dibandingkan busi standard (nickel). Dua keunggulan
utamanya adalah Daya pengapian yang tinggi dan Umur busi lebih tahan lama.
Berikut perbandingan penggunaan material
yang digunakan dari bahan material Platinum dan Iridium, karena memiliki titik
lebur yang lebih tinggi dibandingkan bahan nickel dengan hasil Iridium –
2410°C, Platinum – 1772°C, Nickel – 1453°C. Platinum terbukti memiliki titik lebur
tertinggi.
Sederhananya dengan menggunakan precious
metal platinum dan iridium, diameter elektroda tengah dapat
diperkecil menjadi 0,6 mm sehingga dapat mencegah penyerapan panas bunga api (quenching
action) yang dapat mengurangi daya pengapian.
Busi precious metal yang ada dan beredar
di pasaran Indonesia yaitu busi G Power
dengan material elektroda Platinum dan busi Iridium IX dengan material
elektroda Iridium (yang kita bahas adalah busi iridiumnya ya).
Busi Iridium IX memiliki diameter elektroda tengah 0.6 mm
dengan titik lebur yang lebih tinggi dari platinum sehingga tegangan untuk
memercikkan api pada elektroda lebih kecil lagi dibandingkan busi platinum.
Sehingga busi
Iridium IX dapat menjadikan mesin lebih mudah start, akselerasi lebih cepat,
bahan bakar lebih ekonomis dan lebih tahan lama.
Busi Iridium IX juga memiliki
teknologi yang sudah dipatenkan NGK yaitu Thermo Edge Design, dimana
terdapat celah di ujung elektroda yang pada saat terjadi percikan api saat
pengapian, percikan api tersebut membakar habis endapan karbon yang berada di
celah tersebut sehingga lebih memastikan anti carbon fouling.
Oh iya sebagai info tambahan busi
iridium, beberapa teman menggunakannya
untuk balapan dan ketika mereka merasa sudah tidak maximal lagi dialihkan untuk
motor sehari-hari masih bisa. Memang dari pemakaian yang saya gunakan busi
iridium mampu membuat motor lebih gesit karena efektifitas diruang pembakaran.
Sejauh ini kelemahannya masih di harga dan tidak semua bengkel menyediakan busi
iridium.
Waktu kuliah pernah motor mogok kan, katanya businya nih perlu dignati. Belum paham apa itu busi dan sebagainya wkwkw. iya-iyain aja
BalasHapusHehehe..sekarang jadi paham kan kak hani mengenai dunia perbusian... 👍🏾👍🏾
HapusBang Kornel, liat busi aku inget masa kecil..
BalasHapusIni busi biasanya jadi mainan sama petasan.
Bang Kornel pernah kah?
Hahahaha....iya.iya..pernah dulu..wah..samaan kita kak
HapusTempatku banyak busi bekas om, kbtulan dkt bengkel , busi ga laku diloakan jdinya dbuangin ga guna gitu
BalasHapusWah...banyak busi bekas ga laku diloakin... bukannya laku dikiloin ya
Hapusoalah busi tuh begitu bentuknya haha, sering banget suami bilang busi motor tapi gak paham, iya iya aja. ternyata penting ya untuk mesin motor. makasih mas jadi sedikit paham hehe
BalasHapusSip kak..jadi tambah tahu ya
HapusIni namanya kupas tuntas busi
BalasHapusKarna ga ngerti kadang aku iya iya aja deh ganti busi, tukar busi dll
Tq tq tq hehe
Iya... banyak juga yg belum paham ttg busi kak...
HapusSaya pahamnya busi itu penting untuk motor. Kalo ada masalah ama motor, pasti yang dicek duluan businya. Waktu motor saya kelelep banjir, yang dikeringin juga businya. Tapi baru kali ini saya baca info lengkap tentang busi. Makasi ya bang.
BalasHapusSip..jadi tambah tahu tentang busi ya kak
HapusAku yang nggak ngerti busi jadi sedikit tercerahkan. Yang kutahu, kalau ngadat-ngadat mesin motor, berarti businya kotor atau rusak.
BalasHapusKalau rusak baiknya ganti aja kak..ga usah dibersih2an
HapusYuni nggak ngerti busi-busi an. Pernah pas ke Surabaya naik motor dan hujan. Jalanan ada yang tergenang, yuni main terobos-terobos aja, tiba-tiba mesin mati. Kalang kabut dan kata temen yang kebetulan membersamai, ini businya. Duh nggak ngerti terus kelanjutannya diapain. Hehehe
BalasHapusSekarang jadi ngerti ya kak yuni
HapusNah, bagus nih penjelasannya ya Bang,, scr saya dulu pas masih SD membedakan busi dengan gusi gak bs hehe... Tfs Bang
BalasHapusBeda 1 huruf... beda arti ya kak
HapusInfo tambahan yang penting banget nih buat yang punya motor sendiri termasuk aku. Tidak paham masalah perbengkelan tapi artikel ini lumayan lah buat aku belajar mengenai busi. Ternyata busi ini salah satu personel penting ya dalam motor
BalasHapusBangey penting... kalau ga ada..bisa ga jalan
HapusKalo lihat busi tuh inget motor ortu waktu saya kecil. Motor cowok 4 tak, yang kalo mogok businya yang ada di bawah tangki bensin diambil dan diamplas
BalasHapusYup..sampai sekarang metode itu masih bisa dilakukan kalau darurat dan mendesak kak
Hapusaku gak ngerti soal busi dan segala macam pernak pernik motor bang. tapi baca artikel ini jadi nambah pengetahuan deh. makasih ya
BalasHapusSippp..trims sudah mampir kak wahyu
HapusBusi iridium ini di bengkel-bengkel menyebutnya dengan busi balap. Memang mahal, tetapi entah kenapa lebih enak juga sih buat kendaraan sehari-hari. Saya baru sekali memakainya.
BalasHapusKarena lebih tahan panas mas, praktis pembakaran jadi lebih efesien
HapusJadi ukuran busi itu tidak satu ukuran ya mas?
BalasHapusPernah juga bawa motor yg businya rusak (gosong) entah karena arus nya konslet atau apa. Motor jadi gabisa di Doble.
Beda2 mas..ada yg buat 2 tak..4 tak.. ada yang biasa aja atau racing seperti busi iridium ini mas
Hapuswah, sangat mendalam nih ilmu perbusian. saya mah cuma make aja. kalao mati, ganti busi. hehee terima kasih artikelnya pak
BalasHapusLumayan bisa nambah2 pengetahuan tentang busi ya mas supadillah
HapusWaktu saya kecil, sering lihat Bapak membersihkan busi sepeda motornya. Maklumlah sepeda motor tua, sering macet.
BalasHapusKini, setelah punya sepeda motor sendiri, saya malah belum pernah membersihkan/mengganti businya. Serahkan aja ke bengkel hehehe....
Yup... bengkel biasanya paham mengenai busi dan kaoan eaktu menggantinya kak
HapusGara-gara busi yang kotor saya dan suami beberapa kali dorong motor, hehehe...jadi ingat masa lalu.
BalasHapusSetidaknya memiliki pengalaman mengenai busi akan mencegah hal seperti itu terulang lagi kak
HapusBaru tahu Iridium ini. Titik leburnya minusnya sampai -2410 C. Suami kayaknya yang ngerti perbusian...hehe...Aku cuma tahu bentuknya aja...
BalasHapusTerkadang untuk mempunyai sebuah motor bagi kaum cowok pasti sangat paham betul tentang busi.. untuk kaum wanita harus tau betul nih kenapa motor bisa mati bukan hanya habis bensin tapi juga bisa karena busi
BalasHapusUdah jarang ganti busi semenjak pake matic. Mungkin karena lokasinya agak kedalem mesin jadi jarang kena cipratan air.
BalasHapusDulu waktu masih pake motor gigi, rajin banget ganti busi. Apalagi katup bensinnya sering bermasalah. Jadi listrik yang di busi sering keganggu.
Yup..matic lebih didalam agar lebih aman dari cipratan air kak
HapusSaya baru tahu ada tipe busi iridium ini, memang logam mulia memiliki sifat yang lebih baik dari logam biasa, tapi mungkin harganya sedikit (atau jauh) lebih mahal ya, Bang
BalasHapusIya bang..memang harga agak mahal... tapi enak buat tarikan mesinnya
HapusSaya sering tidak peduli dengan komponen yang satu ini, Sehingga kalau sudah bermasalah baru deh ke bengkel.
BalasHapusYup...mulai sekarang udah harus berbenah koh.. biar ga jadi masalah nanti dikemudian hari
HapusSudah sering cek busi saat motor mogok. Namun gak ngeh apa mereknya. Yang penting bisa dipakai aja udah ok
BalasHapusBanyak yg gitu bang amir... hanya sebatas pengguna... selama ga ada masalah...jalan terus
HapusHoo saya baru tau bentuknya busi kaya begini hehehe. Sepertinya harus belajar dikit2 deh biar paham sama permotoran.
BalasHapusYup...lama2 juga bakalan paham kak...
Hapus