Karya-Kreatif-Indonesia-(KKI)-2020 |
Tetap semangat beraktivitas dari rumah gaes, nah Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 Seri ke 3 sedang berlangsung secara virtual dan akan berakhir besok, kan lumayan untuk menambah wawasan sembari menimba ilmu dari rumah saja.
Oh iya, sekedar info aja bahwa Bank Indonesia telah menggelar
Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) sejak 2016 dan saya sendiri baru
mengikuti aktif seri 2 dan 3 tahun sekarang. Bank Indonesia sendiri melakukan hal
ini sebagai bukti dukungan untuk meningkatkan kontribusi UMKM dalam perekonomian
nasional.
Khusus tahun 2020, meskipun dalam kondisi pandemi
Covid-19, tetap tidak menyurutkan semangat UMKM untuk berkarya dalam KKI 2020
yang diselenggarakan secara virtual dalam tiga seri sejak Agustus 2020. Untuk seri Ketiga akan digelar pada tanggal 20 hingga 22
November 2020.
Mengusung tema "UMKM
Sahabat Milenial", KKI 2020 Seri Ketiga diharapkan bisa
mendorong generasi muda memiliki semangat cinta UMKM dengan mencintai produk lokal
serta menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi perekonomian bangsa.
Pencapaian UMKM pada KKI Seri 1 dan Seri
2 tahun 2020 sangat membanggakan dengan jumlah UMKM peserta pameran
sebanyak 377 UMKM yang berhasil meraih omzet penjualan sebesar Rp10,5 Miliar
serta dikunjungi secara virtual oleh 53.153 pengunjung.
Karya-Kreatif-Indonesia-(KKI)-2020
Dalam KKI 2020 juga dilakukan selebrasi kesepakatan
bisnis yang terjadi sejak 2019 hingga 2020 dengan capaian penjualan/ekspor
sebesar Rp69,1 miliar, serta terjadi komitmen pembiayaan antara UMKM dengan
lembaga keuangan sebesar Rp44,1 Miliar. Khusus di KKI 2020, diselenggarakan
pula one on one meeting antara 31
UMKM dengan 16 buyer/eksportir/agregator dari dalam maupun luar negeri, serta
terjadi komitmen pembiayaan antara UMKM dengan lembaga keuangan sebesar Rp4,7
miliar.
“Kreativitas, digitalisasi, dan sinergi merupakan
kunci untuk menciptakan nilai tambah dalam memajukan UMKM sebagai kekuatan baru
perekonomian nasional di era digital. Pertama, kreativitas dengan meningkatkan
nilai tambah produk UMKM. Kedua, digitalisasi melalui inisiasi UMKM Go Digital
dan integrasi ekonomi keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran
yang cepat, mudah, murah, aman dan andal. Ketiga, sinergi kebijakan nasional
pusat dan daerah dengan memprioritaskan sektor-sektor, memperkuat model bisnis
yang terintegrasi, dan secara end to end mendorong kemajuan UMKM”, ujar
Gubernur BI Perry Warjiyo pada KKI 2020.
Penyelenggaraan KKI 2020 seri ketiga semakin spesial karena
akan dibuka oleh Ibu Negara RI, Hj. Iriana Joko Widodo. Beragam acara menarik
akan kembali dihadirkan, seperti Pameran Virtual serta Ministry Talks yang
menghadirkan 3 Menteri, yaitu Bapak Erick Thohir, Menteri BUMN, Bapak Nadiem
Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Bapak Abdul Halim Iskandar,
Menteri Desa PDTT. Pembukaan KKI semakin menarik dengan adanya Pagelaran Karya
Kreatif yang mengangkat tema “Bangkitkan Jiwa Muda, untuk Wastra Nusantara”
yang menghadirkan desainer Tuty Adib yang mengangkat Songket Lunggi, produk
UMKM Binaan BI Kalimantan Barat dan desainer Wignyo Rahadi yang mengangkat
Batik Papringan Banyumas, produk UMKM Binaan BI Purwokerto.
Karya-Kreatif-Indonesia-(KKI)-2020
Pagelaran Karya Kreatif juga dilakukan dengan tema “Wastra Nusantara Balut Milenial Bergaya” yang akan menghadirkan
desainer Didiet Maulana yang mengangkat kain tradisional Tenun Tanimbar produk
UMKM Binaan Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku dan desainer Ayu Dyah Andari
yang mengangkat kain Tenun Lurik produk UMKM Binaan Kantor Perwakilan BI
provinsi D.I. Yogyakarta.
Berbagai event menarik diselenggarakan khusus bagi
segmen milenial, seperti Dialog Kopi, kompetisi latte art, Edukasi Onboarding, dan
Business Coaching. Narasumber dipilih yang inspiratif bagi kalangan milenial,
seperti Bapak Syafrudin (Ketua Umum SCAI), Bapak Junanto Herdiawan (Bank
Indonesia), Barista Chicco Jerikho dan Yessylia Violin, pengusaha muda Aldi
Raharja, Michael Chrisyanto, Mohamad Iqbal, Lutfiel Hakim, Agung Prakoso, Vanda
Rainy, Ferly Novriadi, dan Rohadi Wijaya.
Melalui KKI, UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia di
seluruh nusantara didorong untuk secara kontinyu melakukan inovasi, memperbaiki
kualitas produk sesuai selera pasar dan berorientasi ekspor, serta memanfaatkan
platform digital, agar dapat menembus pasar internasional.
So gaes, jangan lewatkan keseruan KKI 2020 Seri Ketiga
ini dengan mengunjungi website www.karyakreatifindonesia.co.id atau bisa email
melalui bicara@bi.go.id untuk informasi lebih lanjut. Besok Terakhir ya…
Karya-Kreatif-Indonesia-(KKI)-2020
Wah kegiatannya super keren ya itu. Semoga UMKM Indonesia semakin bangkit dan semakin memperbaiki perekonomian masyarakat luas.
BalasHapusIya kak..harapannya begitu.. dan ini salah satu cara yang dilakukan pemerintah kita demi mendorong majunya umkm
Hapus