Negara Indonesia
memiliki potensi dari laut dan perairan yang sangat luas. Kita beruntung karena
letak geografis negara yang sebagian
besar dikelilingi perairan lautan memberikan potensi keuntungan yang sangat
besar juga. Lalu lintas laut, pelabuhan, itu tidak termasuk menghitung sumber
daya alam yang dihasilkan. Dan Pelindo dipercaya untuk mengelola semua
pelabuhan yang ada di negara Indonesia.
Sebelum
berkenalan dengan Pelindo, pikiran masih terfokus hanya ada satu Pelindo yang
mengurusi semua tetek bengek masalah pelabuhan, namun salah, Nusantara kita
yang luas rupanya telah memiliki beberapa Pelindo untuk saling bersinergi
mengelola semua potensi pendapatan dan sumber daya demi mendapatkan keuntungan
yang berujung kepada meingkatnya pendapatan dan ekonomi bangsa.
Dari Detik.Com, luas lautan Indonesia berdasarkan perhitungan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Pusat Hidrografi dan Oseanografi (PUSHIDROS) TNI AL, luas perairan pedalaman dan perairan kepulauan sejumlah 3.110.000 KM2. Luas Laut Teritorial sejumlah 290.000 KM2 dan Luas Zona Ekonomi Eklusif Indonesia sejumlah 3.000.000KM2. Jadi kira-kira kurang lebihnya total luas perairan Negara Kesatuan Republik Indonesia sejumlah 6.400.000KM2. Masih berfikir laut negara kita tidak luas?
Coba
bayangkan potensi keuntungan yang diberikan dari luasnya perairan, jangan
membahas sumber daya alam yang terdapat didalamnya. Tapi perhitungkan saja dari lalu lintas
transportasi, lalu lintas logistik, bisnis pelabuhan dan sejenisnya yang melintas
menggunakan perairan.
Bahkan
banyak sekali potensi yang dapat dimaksimalkan, sebut beberapa seperti depo
peti kemas yang berujung pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) tertentu. Itu belum
termasuk usaha sampingan lainnya seperti perparkiran.
Diaminkan juga
oleh GM Pelindo III Lembar Baharudin memang benar potensi di pelabuhan sendiri
belum tergarap secara maksimal. Ia mengambil contoh sektor jasa angkutan yang
kebanyakan masih didapat dari pihak luar.
Sinergisitas
PELINDO, Upaya Memaksimalkan Pendapatan.
PELINDO, Pelabuhan
Indonesia, adalah Badan Usaha Milik Negara yang fokus bergerak dalam bidang
logistik, secara spesifik pada pengelolaan pelabuhan. Namun masih sedikit yang
paham bahwa setidaknya Pelindo yang dikelola negara kita terbagi menjadi 4
bagian. Pelindo 1, 3, 4 dan untuk Pelindo 2 akrab dengan sebutan Indonesia Port
Corporation (IPC).
Empat Pelindo yang ada bahu-membahu memaksimalkan potensi pendapatan transportasi laut melalui pelabuhan-pelabuhan. Melalui Pelabuhan Lokal, hadir untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pembangunan kabupaten atau kota, melayani penumpang dan barang melalui laut.
Pelindo
melihat pelabuhan sebagai tempat penunjang aneka kegiatan industri dan perdagangan,
tempat terjadinya distribusi dan konsolidasi serta produksi.
Semua
potensi yang ada di sebuah pelabuhan, PELINDO berusaha untuk mendapatkan dan
memaksimalkan potensi ekonomi yang terjadi.
Sebut
beberapa layanan PELINDO 2 (IPC) yang sudah berjalan, layanan bongkar muat
barang dari pelabuhan hingga tiba di tangan pemiliknya. Layanan operasi kapal,
mulai dari masuk hingga keluar pelabuhan dan layanan penunjang kegiatan lainnya
di pelabuhan.
Boy
Robyanti, Presiden Direktur/CEO, Pelindo 3 menegaskan bahwa Pelindo terus
berupaya melakukan beragam inovasi dan peningkatan demi pemerataan dan ekonomi
dan menekan biaya logistik nasional yang berujung pada peningkatan pendapatan. Melakukan inovasi, peningkatan pelayanan dan
lainnya adalah wujud nyata agar Pelindo 3 mampu menyediakan layanan di 43
pelabuhan di tujuh provinsi Indonesia dengan standar internasional yang selalu
mengedepankan efesiensi dan efektivitas.
Lain lagi yang
dilakukan Pelindo 1, sejak tahun 2008 sudah melakukan optimalisasi kegiatan
usaha melalui jasa angkutan, sewa dan perbaikan fasilitas, perawatan kapal,
alih muat kapal, properti di luar kegiatan kepelabuhan, kawasan industri,
fasiltas pariwisata dan perhotelan, konsultan dan surveyor, konstruksi
kepelabuhan, ekspedisi, kesehatan, shuttle bus, penyelaman, pada pokoknya jauh lebih
luas ketimbang sebelum tahun 2008 yang terbatas hanya beberapa sektor, seperti pelayanan
peti kemas, jasa kepelabuhan dan galangan kapal.
Dengan
Nilai-nilai perusahaan yang dianut Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif,
Kolaboratif, (A.H.L.A.K.) berupaya untuk mencapai visi Pelindo yaitu menjadi
gerbang utama Indonesia ke dalam jaringan logistik global. Hal ini demi
mewujudkan penyediaan jasa kepelabuhan dan maritim yang handal dan terintegrasi
dengan kawasan industri seperti yang tertuang dalam misinya.
Sebagai informasi saja bahwa Pelindo 2 (IPC) pada tahun 2017 mencatat arus lalu lintas peti kemas, sebanyak 6,9 juta. Sementara pada tahun 2018 terjadi peningkatan menjadi 7,6 juta, begitupun pada tahun 2019. Artinya Pelindo amanah, memegang teguh terhadap kepercayaan yang sudah diberikan.
Banyak juga
penghargaan yang sudah PELINDO raih, mulai dari Indonesia Good Corporate Governance
Award, Indonesia Most Admire CEO 2019, Green Port Kemenko Maritim dan Investasi.
Menandakan Pelindo Kompeten untuk terus mau belajar dan mengembangkan
kapabilitas, serta adaptif, mau untuk terus berinovasi dan antusias dalam
menggerakan perubahan dan kolaboratif, membangun kerjasama yang sinergis.
Penutup
Pelindo 1,
2 (IPC), 3 dan 4 bersinergi terus membangun, melihat peluang, memberdayakan sektor
kelautan melalui lalu lintas, bisnis, cargo dan sejenisnya. Memberdayakan kelebihan
bangsa ini yang berdasarkan letak geografisnya berada antara benua Asia dan
Australia dengan dua samudra yaitu Hindia dan Pasifik.
Belum lagi
potensi Indonesia yang berbatasan dengan negara-negara tetangga seperti
Malaysia, Singapura, Filipina di sebelah utara.
Potensi ekonomi yang luas selain sumber daya alamnya, ini juga yang membuat bangsa kita semenjak dahulu menjadi tempat yang menarik untuk di kunjungi dan diajak bekerjasama. Letak geografis yang menguntungkan, potensi bisnis luar biasa ditambah sumber daya alam.
Semoga sinergi
Pelindo yang sudah terbangun dan terbentuk dengan visi, misi dengan dianut Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif,
Kolaboratif, (A.H.L.A.K.) mampu membawa Indonesia sebagai sebuah bangsa besar
yang mampu memberikan layanan terbaik sekaligus memaksimalkan semua potensi
laut, perairan dan pelabuhan, demi kemajuan bangsa Indonesia.
PELINDO |
Sumber Rujukan
dari
Luas
Wilayah Indonesia Lengkap Daratan dan Lautan (detik.com)
Banyak
Potensi PAD di Pelabuhan Lembar Belum Dikelola | SuaraNTB
Pelabuhan Indonesia
II - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berbagai macam
Jenis-Jenis Pelabuhan di Indonesia (kargoku.id)