Thanks God, PPKM sudah kembali turun dari
posisi Level 4, turun ke 3 sekarang sudah berada di level 2, untuk Jakarta dan
sekitarnya sudah dapat sedikit bernafas lega. Ingat… sedikit ya, tetap dengan protokol kesehatan
yang harus super ketat. Karena tidak dapat dipungkiri Covid 19 belum selesai
dan sudah saatnya kita harus hidup berdampingan dengan Covid.
Sudah banyak yang kita korbankan untuk dapat berada di level ini, harapannya terus turun ke level 1 dan dapat bebas
dari level-level-an. Semoga keadaan semakin membaik dan tidak terulang ke puncak terendah, dimana korban berjatuhan,
tenaga medis kewalahan, pembatasan aktivitas, perekonomian yang ambruk.
Ah sudahlah, hayuk kita coba tata kembali dan
bangkit.
Keadaan sudah mulai membaik, ekonomi mulai bangkit dari keterpurukkannya, coba
kembali menata usaha dan bisnis yang pernah ditekuni. Salah satu cara untuk
bangkit dan mengenalkan kembali bisnis kita ke publik adalah dengan
memasarkannya, agar konsumen
tahu bahwa usaha kita masih ada dan bertahan.
Dalam memilih media iklan untuk bisnis dan
usaha, terlebih setelah melewati masa pandemi, tidak dapat dilakukan dengan
sembarangan. Ada cara
memilih media iklan untuk bisnis. Kita dituntut harus super selektif agat
tercapai efektifitas dan efesiensi nantinya.
Perhatikan segmen pasar dari produk kita,
penting untuk mengetahu media iklan apa yang akan digunakan nanti. Mempertimbangkan kemampuan budget juga harus diperhatikan agar tidak kebobolan, jor-jor-an
dalam beriklan tidak sebanding dengan manfaat yang didapat.
Sesudah mengetahui segment produk dan budget
yang hendak kita keluarkan maka cari tahu akan menggunakan media
promosi seperti apa,
efektif mana baik itu online ataukah offline.
Lalu sedapat mungkin rancang materi iklan sesuai dengan
kemauan dan kemampuan budget. Namun jangan lupakan juga adanya jasa periklanan, dengan tim yang jasa
periklanan miliki biasanya akan lebih efektif untuk mencapai target bisnis kita
dan media promosi mereka juga sudah sangat banyak dan bervariasi serta dapat diandalkan. Tinggal pilih mana yang cocok dan sesuai
dengan budget bisnis kita.
Media Iklan Untuk Bisnis.
Sesudah kita mengetahui segmen produk,
kemampuan budget dan merancang serta berdiskusi dengan jasa periklanan, perhatikan
juga media promosi yang akan digunakan. Kembali lagi media promosi yang
digunakan akan menyesuikan dengan harga yang dikeluarkan.
Berikut media promosi yang harus kalian tahu
untuk dapat memasarkan bisnis :
- Media Cetak, dahulu dan hingga sekarang media cetak selalu menjadi
pillihan menarik, tidak melulu koran atau surat kabar, media cetak dapat juga berbentuk
flyer, banner, poster, brosur dan pamflet. Melalui media cetak kita harus tetap
dapat berkreasi sekreatif mungkin agar menarik dan memancing masyarakat untuk mencoba dan mencari tahu tentang produk
dan usaha kita.
- Media Radio, ini salah satu media yang tidak lekang oleh waktu, karena
pendengar radio tidak sedikit, ada yang mendengarkan radio ketika bekerja atau
ketika santai bahkan beberapa sembari mengendarai kendaraan. Biasanya radio
digunakan untuk menyasar target pasar lokal.
- TV Advertising, selain radio tempat lainnya yang menarik untuk meletakkan iklan adalah televisi. Namun tidak dapat dipungkiri media telivisi membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tetapi dampak beriklan melalui televisi juga sangat banyak, mengingat hampir semua keluarga memiliki minimal satu televisi di rumah.
- Video
Advertising, tidak jauh dengan media televisi
namun media ini menggunakan media video dan kebanyakan (sekitar 85%) generasi millenial
tertarik dengan media video. Tentunya dengan kemasan dan gambar-gambar yang
menarik.
- Email dan
Mobile Advertising, karena sekarang zaman sudah beralih ke penggunaan teknologi
informasi. Ditambah sebagian besar orang penduduk di kota-kota besar sudah pada
memiliki smartphone, jangan sepelekan media promosi melalui email dan mobile.
Semua media iklan untuk memasarkan
bisnis patut dicoba, sebab kita tidak tahu mana yang akan membawa keberhasilan.
Namun kembali lagi disesuaikan dengan kemampuan dan segementasi produk
yang hendak di pasarkan.
Tetap sehat dan kembali produktif dan tekun untuk menggeluti usaha, percaya Tuhan
sudah menyediakan yang terbaik. Tinggal kita yang harus berupaya memilih dan
mengoptimalkan media-media promosi yang tersedia,
Selamat Berusaha.
Sumber gambar dari Pixabay
Marketing Strategy · Free Stock Photo (pexels.com)
Menurut saya, media promosi yang paling praktis itu di radio. Orang sambil melakukan apa saja bisa sambil mendengarkan radio kan? O, ya. Apa masang iklan di radio lebih murah daripada di media lainnya?
BalasHapusIya kak.. radio efektif juga tapibga murah juga biaya pasang iklan di radio kak
HapusEmang ya harus pandai melihat berbagai peluang agar produk kita bisa banyak dibeli misalnya dengan memperhatikan media promosi.
BalasHapusMedia promosi bagus dan berhasil akan memberi dampak langsung terhadap penjualan atau produk yang ditawarkann
HapusBetul, sangat penting memilih media promosi yang tepat. Supaya bisnis kita lancar dan banyak orang tertarik order...
BalasHapusTosss...sepakat ya
HapusAku kangen dengan media radio :) Rasanya sudah mulai jarang mendenganrkan musik maupun beritanya. Kini lebih memperhatikan info online melalui smartphone atau berita di televisi aja. Mesti cerdas memilih media yang akurat dan terpercaya info2nya terutama bidang ekonomi dan bisnis.
BalasHapusAku malah seringnya radio kak... sepanjang jalan menuju dan pulang dri kantor
HapusMenurut saya, cara memilih media iklan untuk bisnis mungkin tergantung target pasar. Kalau anak muda, taruh aja di ig/ medsos dengan followers banyak. Kalau orangtua ya di tv atau radio. Hehe.
BalasHapusBeberapa bisa seperti itu kak.. beberapa tidak
Hapuswalaupun sekarang sudah eranya digital, tapi nyatanya promosi lewat media offline masih sangat diperlukan
BalasHapusMasih..dan memang tidak bisa ditinggalkan...meskipun kecil..akan selalu ada pasarnya melalui media offline
Hapusyes.. apalah arti usaha tanpa promosi. Apalagi sekarang promosi di internet gratis. tinggal belajar strategi dan memanfaatkan semuanya
BalasHapusIyesss.... belajar lagi
HapusMedia TV advertising mulai ditinggalkan nih karena banyak orang sdh malas nonton TV. Today, social media advertising melalui influencers yg sedang booming hehe
BalasHapusiyess.. medsos hari ini lebih menarik dan lebih aktif ya pergerakannya ya kak
HapusWah aku hampir semua media promosi itu pernah kujajal, ada yang murah ada juga yang mahalnya pake banget. Tapi ternyata dari menjajal itu jadi tau mana yang efektif banget dan peluang banyak salenya..
BalasHapusmantab.. karena udah pernah pakai jadi tahu mana yg terbaik ya kak andri
HapusTergantung produk dan jasanya. Saat ini media digital yang sedang mengemuka. Lewat media sosial: IG, FB, TikTok, Twitter lewat jasa ads ataupun influencer....Juga beriklan di blog baik lewat backlink maupun iklan di banner.
BalasHapusiyesss... bener banget kak
HapusSetuju. Sekarang sudah banyak media yang bisa digunakan untuk beriklan dan bisa dimanfaatkan buat mengembangkan bisnis. Tinggal sesuaikan saja kebutuhan bisnis kita sehingga bisa menemukan media iklan yang tepat
BalasHapusbener banget kak.. sekarang tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia
HapusMedia yang tepat untuk promosi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan sebuah usaha. Bukan semata tentang berhasil dikenal dan dipromosikan, namun juga tentang efisiensi dan penggunaan dana yang baik dan maksimal
BalasHapussetuju kak... efesiensi dan efektifitas ya kak dan tujuan berhasil tercapai
HapusAlhamdulillah ya Mas akhirnya PPKM sudah mulai menurun dan banyak yang sudah bisa beraktivitas seperti biasa, meskipun tetap ya prokes harus terus disiplin dilakukan. Banyak media yang bisa dipakai untuk iklan bagi para pebisnis. Salah satu yang saya lihat banyak dilakukan sekarang adalah lewat sosmed, seperti IG. Apapun medianya tentu konten adalah The King, ya. Perlu kemampuan copywriting juga.
BalasHapusmedsos dan copy writing yang sekarang lagi booming2nya ya kak
HapusMencari media untuk promosiin bisnis memang nggak mudah. Terkadang saya sendiri jiga terjebak nih kka. Hhhehe.bisa dikatakan stagnan kurangnya promosi jg. Sekarang jadi lebih tahu informasinya media untuk promosi.
BalasHapusgampang2 susah ya kak.. mencari yg cock dan sesuai dengan kebutuhan ...
HapusPenasaran deh kak kalau media promosi lewat email. Btw, mereka tahu email kita dari mana ya?
BalasHapusnah itu dia kak... beberapa mendapatkan email dari acara yang kita hadiri atau beberapa ya... semacam random sampling gitu
Hapus