Iyes, kali ini waktunya mengisi otak dengan hal-hal positif
salah satunya dengan mengikuti seminar. Terlebih karena kita tidak tahu jalan
mana yang akan membawa kita kepada kesuksesan, mungkin salah satunya adalah dengan
mengikuti seminar dan belajar dari para ahlinya langsung. Mendengar penuturan langsung dan
syukur-syukur dapat mengikuti jejak mereka. Amin.
Beberapa minggu sebelumnya notifikasi di media sosial menginformasikan Inspirafest 2022 yang diadakan oleh Ms. Merry Riana. Tanpa menyia-nyiakan kesempatan dan kebetulan akhir pekan belum ada jadwal khusus. Yo wes ben ikutlah.
Inspira Fest 2022 menghadirkan kurang lebih 28 Pembicara yang
bersedia hadir dan membagikan pengalaman
seputar usaha-usaha yang sudah mereka rintis.
Belum lagi quote-qoute dan semangat yang membangun, setidaknya
akan membuat tetap semangat untuk yang sedang merintis usaha, menimbulkan keberanian
untuk yang baru memulai dan tetap berfikiran positif bagi yang lainnya.
“Pandemi tidak akan membuat kita tumbang tapi karena pandemi kita akan berkembang dan bertumbuh lebih baik lagi” Ms Merry Riana, demikian ia membuka seminar inspirafest tahun ini.
BUILD YOUR FIRST MD COMPANY
Fyi, tulisan ini saya rangkumkan dari hasil seminar yang saya
ikuti, demi merangkum ide dan sharing mereka, beberapa saya menuliskan dari
mana beberapa terlewat pengusaha yang membagikan ide dan pemikirannya, tetapi
tetap mencatat ide-ide yang dibagikan.
Membangun usaha MD (Million Dollar) kira-kira seperti itulah
yang menjadi tema tahun 2022. Tahukan UKM, bukan Usaha Kecil dan Menengah etapi
Usaha Keren penghasilan Milliaran.
Seorang pengusaha adalah seseorang yang berani dari mengubah
ide menjadi eksekusi yang pada akhrinya menjadi sebuah lapangan pekerjaan.
Bahkan Motivasi dan inspirasi saja tidak cukup, meskipun Itu modal awal.
Tetap pada akhirnya eksekusi, Tindakan tetap diperlukan untuk menjadi berhasil
dan sukses.
Motivasi saja tidak cukup tetapi harus menjadi CEO, apa lagi
itu CEO;
Clarity, kejelasan, mengetahui bisnis yang kita
jalankan hendak dibawa kemana, lalu apa yang ditajamkan (fokusnya). Kejelasan
itu penting.
Endurance, ketangguhan. Belajar ketangguhan
dari yang telah mengalami asam garam dan kita dikuatkan dari kisah mereka.
Open Mind, buka pikiran. Pelajari cara-cara
baru mau untuk berkolaborasi dan menerapkan strateg-strategi baru.
Ga bisa dipungkiri bahwa semua bisnis membutuh transaksi
tetapi bisnis tidak sama dengan transaksi.
Jadi bisnis adalah tentang:
- Pelanggan yang puas. Ini adalah fundamental sebuah bisnis. Kalau pelanggan
puas akan memiliki implikasi
- Akan ada orang yang memakai produk kita jual.
- Akan ada yang membeli produk yang kita tawarkan.
- Akan ada yang mempromosikan produk kita.
- Tim yang solid. 360 derajat, memiliki atasan, bawahan, teman yang
memiliki visi dan misi yang sepaham sangat penting untuk keberhasilan. Terlebih
Tim yang dapat mengambil putusan penting meskipun tidak ada pengawasan
atasan ataulun pimpinan
IT’S NEVER TOO LATE TOO START
Tapi banyak dari kita yang suka berkelit, ah sekarang mah
waktunya sudah lewat. Sudah terlambat untuk memulai.
CEO Go Play, Edy Sulistyo berujar, Waktu sudah lewat,
kesempatan sudah lewat. Oh TIDAK, asalkan jeli, selalu ada kesempatan yang unik sesuai kebutuhan
market.
Ketika orang banyak hilang pekerjaan dan memilih untuk menjadi
content creator. Ini awalnya yang nejadi ide untuk membuat live streaming
go play.
Pandemi memunculkan ekonomi baru, content creator. Ini menjadi
sebuah peluang baru kedepannya.
KALAU INGIN MENDAPAT IDE TERBAIK HARUS MEMBUNUH RIBUAN
IDE BAIK, STEVE JOB.
Beruntung kita lahir dan dibesar di Indonesia negara dengan
banyak masalah. Dan disinilah kesempatan kita untuk menjadi bagian dari solusi.
Bahkan pegawai-pegawai dibayar/ digaji
untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah yang hadir.
Beberapa pengusaha memilih untuk memiliki satu jenis usaha
namun fokus dibidang itu saja dan beberapa lainnya memilih untuk menekuni
beberapa jenis usaha. Yang manapun sah-sah saja.
We are what we consume, jika kita selalu mengikuti konten negatif dan hoaks pasti
akan menjadi orang-orang yang berfikiran negatif.
Perhatikan stage kita berada dimana, jika baru memulai.
fokus dahulu menjadi pilihan menarik sementara ketika sudah berkembang baru
mulai bisa untuk memikirkan diversifikasi.
Ketika memulai bisnis harus siap susah. Kegagalan adalah
makanan sehari-hari. Kegegalan menjadi semangat. Pesannya adalah ga boleh takut
gagal,
Bisnis bukan beearti harus merampok tapi harus cuan. Bisnis
harus menjadi berkat bagi orang lain.
MARKETING ZAMAN NOW VS ZAMAN OLD
Bahkan dalam pertemuan tahun
ini juga membahas perbedaan Marketing jaman Now vs Jaman Old. Marketing jaman
dahulu bicara mengenai produk, lalu berlanjut bermain di
diferensiasi produk, kalau sekarang sudah bergeser ke story/ pengalaman dari pengguna.
Eg. Dulu ada radio sekarang ada podcast. Sama-sama menggunakan hanya mengandalkan suara dengan
media yang telah bergeser. Namun demikian untuk yang menekuni podcast harus belajar dari mengenal radio dahulu lalu berkembang dan mengembangkan diri
melalui podcast.
Marketing Zaman Now dituntut
untuk pintar-pintar mencari relevansinya
produk dengan target market usaha kita.