Sebenarnya
beberapa tahun lalu, ada teman yang mengatakan enggan untuk berbelanja di
Bukalapak. Alasannya saya sendiri sudah tidak mengingatnya. Berdasarkan
pengalaman sendiri belum pernah kecewa dengan Bukalapak, ya tidak mengapa lah
ya.
Tara,
setelah sekian tahun Bukalapak menjadi pililhan belanja Online terbaik (menurut
versi saya) dan sempat beberapa kali juga terjadi komplen barang namun semuanya
terlewati dengan baik. Pelapak yang memang serius dagang jika barang tidak
sesuai, tanpa perlu dikomplain pun segera menunaikan tugas dan tanggungjawabnya.
Dan sejauh ini belum ada kendala berarti selalu aman-aman saja.
Hingga datanglah
hari itu,
Penasaran dengan
parfum harga miring, mau coba, lihat profil toko juga sudah ok. Coba lah, ingin
tahu kualitas parfum kw setengah harga seperti apa sih. Kalau bagus pesen
ulang, kalau tidak ya biarlah menjadi pengalaman saja.
Barang
dipesan dan dibayar tanggal 15 November 2022, hingga 2 hari kedepan tidak ada
proses pengiriman barang, tapi masuk notifikasi barang sudah dikemas oleh
Pelapak.
Dan
tiba-tiba muncul pesan masuk melalui pesan WA yang menyatakan ia adalah admin
toko, dan menginformasi barang yang dipesan sudah habis. O, OK. Awalnya admin
menyatakan apakah ingin diganti dengan parfum lain saja. Hmmm, sudah muncul
kecurigaan, penah mengalami yang seperti ini (barang habis) namun Pelapak tidak
melakukan Japri melalui WA, hanya pesan dalam aplikasi Bukalapak. Dan jika
habis, langsung tidak menunggu ini dan itu,uang dikembalikan.
Dalam pesan
WA pun sudah saya sampaikan saya hanya ingin barang tersebut, kalaui tidak ada
ya sudah kembalikan uang saja. Tidak ada balasan dari Admin.
Dan tiba-tiba
tanggal 17 November 2022, barang sudah dikemas dan dilakukan pengiriman dengan
Buka Express sebagai jasa pengiriman. Namun hingga dua hari kedepan tidak ada
aktivitas pengiriman (lokasi keberadaan barang) biasanya akan ada notifikasi seperti ini “posisi barang sedang
berada digudang hingga posisi barang sedang menuju tempatmu”. Dari Buka Express
jadi tahu bahwa estimasi barang akan sampai di tanggal 19 November 2022.
Sampai dengan
tanggal 26 November 2022, sudah dua kali menginformasikan kepada admin Buka
Lapak, bahwa ada pengiriman barang namun belum terlacak posisinya dimana.
Dengan santainya Admin selalu mengatakan sedang ditindaklanjuti dan membutuhkan
waktu 3X24 jam.
Yang
menjengkelkan saya.
- 1. Adminnya sepertinya ogah-ogahan menangani
keluhan pelanggan terlihat dari fitur bukabantuan yang sedikit sulit mencarinya
dan ketika terhubung kendala jaringan
selalu muncul, (ngefrezee tiba-tiba) padahal inet ga ada masalah, hingga jawaban ala kadarnya;
- 2 Mengapa juga membutuhkan waktu selama itu 3X24 jam, untuk barang yang dikirim dari kota yang sama (tidak ada pemberitahuan barang dikirim dari kota lainnya) dan jasa pengiriman adalah BukaExpress yang “katanya” masih kerjasama dengan buka lapak. Bukannya bisa langsung ditanyakan, itu barang sudah dikirim dan ada estimasi sampai lalu mengapa tidak sampai dan tidak bisa terlacak pengirimannya (Gitu aja sepertinya mereka kerepotan banget cari tahunya);
Ya sudahlah
biarlah ini menjadi pengalaman saya pribadi, mengalami kekecewaan terhadap
layanan Bukalapak. Bertemu dengan Pelapak Nakal dan Admin yang tidak bersahabat
sekedar menjawab alakadarnya.
Dan sudah
mulai tidak nyaman belanja di ecommerce, mungkin sudah saatnya mengikuti saran
teman, cari tahu harganya dan kalau bisa cari di toko offline aja. Hmmm idenya
bagus juga.
Atau ini
sudah saatnya meninggalkan BukaLapak dan beralih ke Lapak lainnya;
Salam
Kecewa…..