SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

MCB-nya Bermasalah

 

Rumah-Idaman


Yah, namanya juga kontraktor, alias rumah yang ditempati masih ngontrak, mau gak mau terima apa adanya, berbeda dengan rumah baru yang pastinya akan lebih  gress. Setidaknya sudah saya perhatikan satu tahun setelah ngontrak rumah ini, MCB seing ngetrip -alias turun- saya menandakan hal ini terjadi ketika hujan dan ketika lampu belakang bagian dalamnya terdapat sarang semut yang artinya terjadi korsleting -arus pendek- pada arus listrik.  

Setelah membersihkan sarang semut tersebut, MCB berlaku normal kecuali yang bagian hujan ya, kadang ngetrip kadang tidak, ini sebenarnya yang belum tau mengapa kadang-kadang terjadi, seharusnya kalau terjadi korsleting karena hujan, maka sudah pasti setiap hujan akan korslet, hmmm, atau tergantung curah hujan juga. Sehingga hanya akan terjadi ketika curah hujan deras atau lebat.


MCB, apa itu?

Bagi yang belum tau apa itu MCB, sedikit saya jelaskan, MCB adalah akronim dari Miniature Circuit Breaker  alat ini juga sering diaplikasikan di berbagai macam alat elektronik, seperti komputer, pendingin ruangan, mesin, dan lain sebagainya. MCB berfungsi sebagai pemutus arus manual, automatic stop contact, sebagai protector, dan masih ada beberapa fungsi lainnya.  

MCB  ini  berfungsi untuk memutus aliran listrik ketika terjadi beban lebih dan hubungan singkat arus listrik (short circuit atau korsleting) dimana pemutusan yang terjadi ini adalah prosedur pengamanan untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran, penggunaan MCB ini hampir sama dengan fungsi Sekring (Fuse) sebagai alat pengamanan.

 

MCB Rusak dan Kendur
MCB yang di tengah dan yang Hitam sebelah itu sering turun-Ngetrip


MCB punya kami rusak rupanya

          Lembali ke cerita MCB rumah dimana saya ngontrak, yang sering ngetrip atau turun dan menyebabkan kelistrikan dirumah padam. Dirumah ini terdapat 3 MCB ya. Dan ketika MCBnya ngetrip, ketika dinaikkan kembali MCB berfungsi normal kembali. Hingga terjadi kemarin malam, sekitar jam 8 malam, AC mati tiba-tiba dan beberapa lampu juga, ada satu MCB yang turun dan panas. Sebelumnya MCB ini belum pernah turun, MCB tengah yang sering turun. Hmm sebelumnya MCB ini tiba-tiba bunyi kresek-kresek, hilang timbul. Namun belum tahu penyebabnya hingga kemarin ngetrip dan panas, dinaikkan kembali MCB nya terjadi lagi.

          Panas, ngetrip terjadi beberapa kali, harus putar otak menghubungi ahli listrik, siapa malam-malam yang bisa dihubungi dan datang.

 

Ganti MCB, Malam-Malam

          Jam sudah menunjukkan jam 8 malam, untungnya security komplek punya kenalan yang paham mengenai kelistrikan, biasanya tukang listrik ini dipanggil untuk memperbaiki masalah kelistrikan yang terjadi di rumah warga. Ditemani security, jam 9 malam sudah sampai dirumah setelah diceritakan dahulu masalahnya, tukang listrik tadi paham dan segera datang serta membawa perlengkapan yang diperlukan.

          Ga butuh waktu lama, sekitar 60-90 menit untuk melakukan penggantian MCB dan memastikan semuanya berjalan dengan baik. Karena info dari tukang listrik ini, MCB punya saya rusak sehingga perlu diganti sementara MCB lainnya kendur sehingga sering ngetrip, dan ini berbahaya. Sehingga ia memastikan dan memperbaiki kabel yang longgar di MCB tersebut, info dari beliau kabel kendur ini yang membuat ngetrip dan terkadang juga kebakaran kalau sering-sering ngetrip.


MCB Perbaikan
MCB yang hitamg diganti dengan MCB pindahan ditengah sementara MCB yang ditengah diganti MCBnya
          

        Setelah semuanya selesai dan memastikan berkali-kali agar aman, karena saya pesankan demikian. Tukang listrik memastikan seharusnya aman, MCB yang ia ganti dengan ampere yang lumyann besar sehingga lebih aman menurut versinya, secara kapasitas 6 ampere diganti dengan yang lebih besar, dan yang kendur dikencangkan sehingga bunyi kresek-kresek juga hilang. Dan memang MCB yang rusak ini terdapat gosong pada bagian bawahnya yang menurut tukang listriknya karena kendur dan ini juga yang menyebabkan MCB rusak.


MCB Rusak-Gosong
Ini dia penampakan MCB yang rusak dan Gosong tersebut 

          Oke, doakan semoga MCB ini awet ya, info tukangnya sih akan awet. Dan doakan juga semoga rumah yang kami tempati ini diijinkan Tuhan agar kami dimampukan untuk membeli dari pemilikinya.. Amin.. amin...

 

Sumber tambahan

MCB Adalah: Pengertian, Fungsi, Simbol, Jenis, dan Cara Kerjanya - Ilmu Elektro

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar