SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

AC Mendadak Tidak Dingin

AC_AQUA_JAPAN


Tangerang Selatan, tepatnya BSD, akhir-akhir ini kala siang hari panasnya nuampoooll abiss (baca:panas banget) sedikit berkurang ketika sore atau malam hari menjelang. Tapi keadaan itupun tidak banyak membantu harus didorong menggunakan penyejuk ruangan, AC, agar terbantu ruangan menjadi sejuk. Bahkan pernah siang hari meskipun sudah dibantu dengan AC masih terasa panas saja, baru tersadar sepertinya ada masalah dengan AC ini.

Hanya hembusan angin saja yang terasa, tidak ada hawa-hawa dinginnya. Hmm fixed ini harus memanggil teknisi AC. Ga perlu waktu lama untuk menghubungi teknisi AC sekitaran BSD. Dan ajdwal mereka padat semuanya, bahkan ada yang sudah janji untuk dating melihat mengapa AC kami tidak dingin, akhirnya batal karena servis ditempat lain yang belum selesai.

Setelah telp sana-sini, service AC kebanjiran order ketika akhirn pekan, ini yang membuat sulit untuk service AC kalau tidak dibooking terlebih dahulu. Beruntungnya ada Service AC BSD yang bersedia menjanjikan dapat melakukan service AC dengan syarat sore hari. Sikat, gaskeun ga perlu menunggu lama, kami iyakan.

Tepat pukul 18.30 WIB, ba’da Maghrib, tukang service datang dan melihat AC yang terpasang. Dan melakukan pemeriksaan secara kasat mata, memang hanya angin saja yang keluar. Namun belum dapat dipastikan mengapa tidak ada dinginnya.


Servis AC
Di Cek Apakah Ada Masalah dengan Unit Outdoor


Analisa Tukang AC-nya mengapa tidak dingin.

Tukang Ac mengajak saya untuk mengukur freon pada unit outdoor yang terpasang diluar, ia pun menjelaskan untuk AC ½ PK milik saya harus berada pada tekanan 150-180 Psi, jika dibawa 150 maka akan dilakukan pengisian freon. Iseng saya tanya, kalau lebih dari 180, teknisinya menjawab itu tidak mungkin lebih karena kalau diatas 180 Psi maka berarti bukan ½ PK tetapi diatas itu bisa 1 PK atau lebih. Berarti AC kami Freon tidak ada masalah.

Lalu selanjutnya menurut teknisi,  AC-nya tidak dingin bisa juga karena selang pipa dari unit out door ke indoor yang tidak “bergulung”, ia sempat menjelaskan, namun saya masih belum paham. Namun untuk selang, kemungkinan itu masih “bisa iya atau bisa juga tidak”

Kemungkinan terakhir selain selang adalah AC perlu dilakukan Vacum Flashing, untuk membersihkan isi selang. Namun Vacum Flashing ini telah dilakukan pada saat awal pemasangan.


Servis AC_Cek Freon
Cek Freon 


Lalu yang dapat kita lakukan saat ini adalah mencuci AC saja terlebih dahulu dan pantau apakah masih tidak dingin, jika masih tidak dingin maka langkah-langkah tadi akan dilakukan. Ga butuh waktu lama untuk melakukuan pembersihan dan pencucian AC. Tukang Servicenya mengatakan bahwa memang AC nya kotor tapi ga kotor-kotor banger juga sih. Ya iyalah karena kami terbilang rutin juga melakukan pencucian AC minimal 6 bulan dan saringan AC rutin kami cuci sendiri biar selalu bersih. Maka wajar AC-nya ga kotor-kotor banget sih.

Selesai membersihkan AC, tukangnya berpesan agar segera mengabari jika AC tidak dingin. Sembari ia juga berujar, “seharusnya sih dingin ya setelah dicuci”. Karena menurut pengamatan kasat mata tidak ada tanda-tanda / kelainan pada unit outdoor ataupun indoor, namun, itu tadi, tetap dipantau saja.

Dan taraa, setelah kurang lebih dua minggu setelah pencucian, AC normal dingin kembali seperti biasa. Setelah dicuci, AC dingin, tidak hanya angin saja yang keluar. Bahkan saya kembali sering flu, karena tidak tahan dingin. Namun bocah sudah bisa mengatakan ACnya sudah dingin.

Hmm,senangnya, rupanya sebatas kotor saja yang menyebabkan AC tidak dingin.

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar