SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Tiga Akronim Dari NTT


Tepat minggu ini GKI berusia 36 Tahun, selamat ulang tahun GKI kiranya Tuhan selalu memberkati pelayanan kalian, diberkati untuk selalu menjadi berkat, Amin.

Tema Budaya yang diambiil minggu ini adalah budaya dari NTT, Nusa Tenggara Timur. Tapi siapa sangka NTT rupanya memilikitiga arti lain dalam iman kristiani. Dan Pendeta sangat manis membawakannya dalam khotbah.

 

Tiga Akronim dari NTT

Dalam mengikuti teladan Tuhan kita Yesus Kristus, tidak ada jaminan akan selalu mudah. Namun demikian meskipun tidak mudah,  karena fokusnya pada Tuhan Yesus, pasti Ia akan tolong. Iyes, Tuhan sendiri yang menolong.

Efesus 6:12 TB, [12] karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak pengikut Yesus yang hanya fokus kepada darah dan daging. Ketika kita hanya fokus pada darah dan daging pasti akan berubah-ubah dan mudah untuk digoyahkan.  Sebagai contohnya Pendeta menganalogikannya seperti ini “Buat apa ikut Tuhan kalau ikut Tuhan tidak naik jabatan, sehingga yang tadinya bernama Markus rela dirubah menjadi Adi”, atau “Buat apa ikut Tuhan kalau penyakitmu ga sembuh-sembuh.”

Darah dan daging itu penting, uang juga demikian, namun jangan berfikir itu semua debagai sumber kebahagiaan.

Seperti yang telah disampaikan diawal tema budaya kita adalah NTT, yang terdiri dari :

1.   Nasib Tidak Tentu, ini sepertinya yang akan terlihat dari kacamata kehidupan yang sehari-hari kita jalani. Namun kita harus PERCAYA. Meskipun hidup tidak dijanjikan mudah namun Tuhan   akan menyertai kita.

2.   Nanti Tuhan Tolong, dan harus percaya meskipun Nasib Tidak Tentu.

Mata Tuhan tertuju kepada orang benar, telinganya kepada yang meminta TOLONG.

Tuhan itu dekat dengan orang yang patah hati, diselamatkan yang remuk hatinya.

Alasan kenapa kita tidak boleh meninggalkan Tuhan, karena PERCAYA Tuhan akan Tolong.

Fakta ketika mengikuti Tuhan dan percaya terhadap pertolonganNya adalah apa saja yang kita takuti tidak selalu menjadi kenyataan bahkan apa yang kita minta seringnya diberikan lebih dari yang diperlukan. 

Ya kan, hayooo coba diingat-ingat kembali pengalaman bersama Tuhan.

3.   Nikmat Tiada Tara. Orang yang tinggal dan hidup bersama Yesus pasti mengalami Nikmat Tiada Tara. Karea sejatinya Ia adalah Allah yang setia bahkan matipun Ia rela untuk kita. Allah itu tinggal didalam kita dan kita didalam dia.

Paulus pernah berujar, segala perkara dapat kutanggung dalam Tuhan yang memberikan kekuatan kepada aku. Ditengah  Nasib Tidak Tentu yang pernah Paulus alami, namun ia memilih untuk percaya bahwa Nanti Tuhan Tolong dan pada akhirnya Paulus mengalami sendiri Nikmat Tiada Tara yang Tuhan berikan.

Tuhan ada dalam hidup kita, sehingga tidak ada dasar untuk frustasi atau takut. Ini yang seharusnya kita jadikan dasar pengharapan.

Memang tidak ada jaminan untuk semuanya mudah dalam hidup, namun percaya ditengah Nasib Tidak Tentu, Percaya  Nanti Tuhan Tolong sehingga kita akan mengalami sendiri Nikmat Tiada Tara bersamaNya. 

Amin..selamat hari minggu

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar